PENGGUNAAN METODE GLENN DOMAN DENGAN MEDIA FLASHCARD DALAM PENGUASAAN KOSA KATA ANAK AUTIS
THE USE OF THE GLENN DOMAN METHOD WITH FLASHCARD MEDIA IN VOCABULARY MASTERY OF AUTIST CHILDREN
Pentingnya kosa kata bagi anak autis untuk membantu anak berkomunikasi, berinteraksi, dan mengerti benda-benda yang ada di lingkungan sekitar. Kosa kata yang memadai membuat anak memahami perkataan dari orang lain serta mampu mengungkapkan kebutuhan yang di inginkan. Penguasaan kosa kata yang dimiliki anak autis mengalami keterlambatan yang disebabkan adanya masalah pada fungsi bagian-bagian otak dan system syaraf pusat yang di tandai dengan gangguan perkembangan pada komunikasi, interaksi sosial. sehingga anak mengalami kesulitan memahami kosa kata dan memiliki kosa kata yang terbatas. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pengguanaan metode glenn doman dengan media flashcard dalam penguasaan kosa kata anak autis. Metode Penelitian ini menggunakan metode review literatur dengan mengumpulkan 18 artikel baik dari jurnal nasional, internasional, proseding dan buku yang relevan. Teknik analisis data yang digunakan melalui deskriptif kualitatif. Hasil review literatur menunjukkan bahwa penggunaan metode glenn doman dengan media flashcard dapat menambah pembendaharaan penguasaan kosa kata anak autis. Dalam simpulan ini bahwasanya penggunaan metode glenn doman mampu menambah pembendaharaan penguasaan kosa kata khususnya mengenal benda-benda di lingkungan sekitar, mampu melakukan komunikasi, interaksi sosial, dan membaca bagi anak autis
The importance of vocabulary for children with autism to help children communicate, interact, and understand objects in the surrounding environment. Adequate vocabulary makes children understand the words of others and are able to express the desired needs. Mastery of vocabulary owned by autistic children is delayed due to problems in the function of parts of the brain and central nervous system which are marked by developmental disorders in communication, social interaction. so that children have difficulty understanding vocabulary and have a limited vocabulary. This study aims to describe the use of the Glenn Doman method with flashcard media in mastering the vocabulary of children with autism. Methods This study uses a literature review method by collecting 18 articles from national, international journals, proceedings and relevant books. The data analysis technique used was descriptive qualitative. The results of a literature review show that the use of the Glenn Doman method with flashcard media can increase the vocabulary mastery of autistic children. In this conclusion, the use of the Glenn Doman method is able to increase vocabulary mastery, especially recognizing objects in the surrounding environment, being able to communicate, social interaction, and reading for autistic children.