Peningkatan budaya literasi di sekolah perlu adanya peran penting dari pelayanan di perpustakaan sekolah yang berkualitas. Dengan adanya sistem Library Automation System Professional (LIANSPRO) di perpustakaan SD Al Hikmah Surabaya memberikan dampak serta manfaat pada peningkatan minat baca siswa dan membangun budaya literasi di sekolah. Sistem Lianspro memberikan pelayanan perpustakaan yang prima pada siswa khususnya dari segi waktu yang efisien saat meminjam dan mengembalikan buku. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan: (1) Pengelolaan Library Automation System Professional (LIANSPRO) di Perpustakaan SD Al Hikmah Surabaya dengan metode evaluasi sistem Human Organizing Technology (HOT) Fit Model; (2) Kendala yang dihadapi dalam menjalankan perpustakaan berbasis Library Automation System Professional (LIANSPRO) di Perpustakaan SD Al Hikmah Surabaya; dan (3) Upaya yang dilakukan untuk mengatasi kendala yang dihadapi dalam menjalankan perpustakaan berbasis Library Automation System Professional (LIANSPRO) di Perpustakaan SD Al Hikmah Surabaya.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan rancangan penelitian studi kasus. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Analisis data menggunakan kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data dalam penelitian ini dilakukan uji kredibilitas, uji transferabilitas, uji dependebilitas, dan uji konfirmabilitas.
Hasil penelitian menunjukkan (1) Teknologi yang baik dan menunjang, struktur dan lingkungan organisasi yang mendukung, dan kemudahan serta kebermanfaatan pada pengguna sistem lianspro yang memberikan dampak efektif dan efeisien dengan pelayanan yang prima di perpustakaan SD Al Hikmah Surabaya. Komponen teknologi, organisasi, dan manusia menunjukkan hasil evaluasi sistem dengan metode HOT Fit Model yang menjelaskan bahwa pelaksanaan sistem lianspro di perpustakaan SD Al Hikmah Surabaya berjalan dengan baik dan memberikan manfaat untuk pengembangan budaya literasi di sekolah; (2) Pada penerapan sistem lianspro di perpustakaan SD Al Hikmah Surabaya terdapat beberapa kendala baik pada proses maupun manajemen yang tidak banyak seperti; (a) Belum adanya koneksi yang lebih luas sehingga belum bisa diakses secara online; (b) Belum bisa terhubung dengan big data pada sistem sekolah; dan (c) Beberapa kendala teknis seperti mati lampu, dan ancaman vrus dari luar karena masih belum memiliki sistem anti viirus yang kuat; dan (3) Upaya yang sudah dilakukan oleh manajemen SD Al Hikmah Surabaya dalam mengatasi kendala pada penerapan sistem lianspro di perpustakaan sudah dijalankan dengan baik, sebagai berikut: (a) Melakukan pengembangan sistem dengan menambah fitur-fitur seperti katalog online dan fitur yang dibutuhkan lainnya; (b) Menggunakan alat UPS untuk mencegah komputer sarver mati secara tiba-tiba saat pemadaman listrik; (c) Menambah anggaran untuk pembangunan perpustakaan dan pengembangan sistem lianspro ke arah digitalisasi perpustakaan; (d) Mengadakan pelatihan dan pembinaaan pada pustakawan dan peserta didik terkait dengan pelayanan sistem lianspro serta penggunaannya; dan (e) Melakukan kerja sama dengan stakeholder terkait perpustakaan dan pengembangan sistem lianspro. Berdasarkan hal tersebut saran yang dapat di buat yaitu pengembangan sistem lianspro ke arah digitalisasi perpustakaan untuk memperluas koneksi secara online sehingga dapat diakses dengan mudah di luar lingkungan perpustakaan SD Al Hikmah Surabaya.
Kata Kunci : Pengelolaan, Sistem Lianspro, dan Perpustakaan
Improving literacy culture in schools needs an important role of service in quality school libraries. With the existence of the Library Automation System Professional (LIANSPRO) system at the Al Hikmah Elementary School library in Surabaya, it has an impact and benefit on increasing students' interest in reading and building a literacy culture in schools. The Lianspro system provides excellent library services to students, especially in terms of time efficiency when borrowing and returning books. The purpose of this study is to describe: (1) Management of Library Automation System Professional (LIANSPRO) at Al Hikmah Elementary School Library in Surabaya with a method of evaluating the Fit Organizing Technology (HOT) system; (2) Constraints faced in running a library based on Library Automation System Professional (LIANSPRO) in Al Hikmah Elementary School Surabaya Library; and (3) Efforts are made to overcome the obstacles encountered in running a library based on Library Automation System Professional (LIANSPRO) at the Al Hikmah Elementary School Library in Surabaya.
This study uses a qualitative method with a case study research design. Data collection using interview techniques, observation, and study documentation. Data analysis uses data condensation, data presentation, and drawing conclusions. The validity of the data in this study carried out the credibility test, the transferability test, the dependability test, and the confirmability test.
The results showed (1) good and supportive technology, organizational structure and environment that supports it, and the ease and usefulness of lianspro system users who have an effective and efficient impact with excellent service at the Al Hikmah Elementary School library in Surabaya. The technological, organizational, and human components show the results of the system evaluation using the HOT Fit Model method which explains that the implementation of the lianspro system in the Al Hikmah Elementary School library in Surabaya went well and provided benefits for the development of literacy culture in schools; (2) In the application of the lianspro system in the Al Hikmah Elementary School library in Surabaya, there are not many obstacles both to the process and management, such as; (a) There is no wider connection so it cannot be accessed online; (b) Cannot be connected to big data in the school system; and (c) Some technical obstacles such as power failure, and external threats because they still do not have a strong anti-viirus system; and (3) Efforts that have been made by the management of Al Hikmah Elementary School Surabaya in overcoming obstacles to the implementation of the lianspro system in the library have been carried out well, as follows: (a) Conducting system development by adding features such as online catalogs and other required features; (b) Using a UPS to prevent the sarver computer from shutting down suddenly during a power outage; (c) Increase the budget for library development and the development of the lianspro system towards library digitalization; (d) Conduct training and guidance for librarians and students related to the service of the Lianspro system and its use; and (e) Collaborating with stakeholders related to libraries and development of the lianspro system. Based on this suggestion that can be made is the development of the lianspro system towards digitizing libraries to expand online connections so that they can be accessed easily outside the Al Hikmah Elementary School Surabaya library environment.
Keywords: Management, Linspro System, and Library