Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kematangan emosi siswa di SMK Negeri 1 Trowulan. Kematangan emosi adalah suatu keadaan atau kondisi mencapai tingkat kedewasaan yang ditandai dengan kemampuan diri mengolah dan mengontrol emosi dengan tepat. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif dengan subjek siswa kelas X yang pernah terlibat kasus tawuran. Metode pengumpulan datanya adalah angket, wawancara dan dokumentasi. Angket digunakan untuk menentukan subjek penelitian, teknik wawancara dilakukan dengan tidak terstruktur dengan menggunakan pedoman wawancara, sedangkan dokumentasi dilakukan untuk mendukung hasil penelitian. Analisis data penelitian bersifat deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan kesimpulan bahwa kematangan emosi pada siswa kasus tawuran di SMK Negeri 1 Trowulan sangan rendah. Banyaknya aspek kematangan emosi yang tidak dimiliki subjek seperti kontrol emosi, pemahaman diri dan penggunaan fungsi kritis mental menjadi salah satu pemicu terjadinya tawuran. Kematangan emosi subjek berbeda-beda, hal tersebut dipengaruhi oleh faktor internal dan faktor eksternal. Kedua faktor tersebut memiliki peran penting dalam mendukung pembentukan kematangan emosi. Sehingga kematangan emosi yang rendah akan berdampak negatif dalam kehidupan subjek. Namun, peran konselor di sekolah sangat membantu dalam menangani permasalahan siswa yang terlibat dalam kasus tawuran sehingga muncul perasaan menyesal dan jera bagi siswa yang melakukan tawuran.
Kata kunci: Kematangan emosi, tawuran, siswa
This study aims to determine the level of emotional maturity of students in state vocational high school 1 of Trowulan. Maturity emotion is one of the circumstances or conditions reached the level of the maturity that characterized by the ability to process and emotional control well. This study was a qualitative research that used the students of X class who have been involved in the case of brawl as a research subject. Method of research used some technical of questionnaire, interview, and documentation. The questionnaire is used to determine the research subject. Interview technique did not structured with some interview guide. While the documentation is used to support the results of the research. Data analysis is descriptively. Research’s result showed that the level of emotional maturity in the students case of the brawl in state vocational high school 1 of Trowulan was very low. The number of emotional maturity aspects that are not possessed by the subject such as emotional control, self-understanding and the use of critical mental functions is one of triggers for brawls. The emotional maturity of the subject is different, it is influenced by internal factors and external factors. Both of these factorshave an inmportant role in supporting the formation of emotional maturity. So that low emotional maturity will have a negative impact on the life of the subject. However, the role of the counselor in the school is very helpful in dealing with the problems of the students involved in the case of brawl so that it there is a feeling of regret and deterrence for students who make brawls.
Keywords: Emotional maturity, brawl, students