Peer Computer-Mediated Corrective Feedback in Essay Writing Performed by University Students
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menyelidiki bagaimana mahasiswa universitas melakukan umpan balik korektif mediasi komputer antar rekan. Penelitian ini dilakukan secara kualitatif melalui analisis esai mahasiswa dan wawancara untuk memberikan gambaran singkat tentang bagaimana mahasiswa melakukan umpan balik korektif mediasi komputer antar rekan. Enam belas partisipan, yang telah melakukan umpan balik korektif mediasi komputer antar rekan dalam kelas penulisan exemplification, berasal dari salah satu universitas negeri di Surabaya. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa tidak semua jenis umpan balik korektif mediasi komputer antar rekan dilakukan oleh mahasiswa. Sebagian besar mahasiswa memberikan umpan balik dimulai dari aspek yang mereka yakini mampu mereka lakukan. Mereka memulainya dengan membaca seluruh esai dan melanjutkan ke aspek penulisan yang mereka periksa. Mahasiswa yang kurang percaya diri dalam suatu aspek penulisan tidak memberikan aspek penulisan yang mereka yakini tidak mampu mereka lakukan. Hal ini mengakibatkan mahasiswa menggunakan perangkat lunak lain untuk membantu mereka dalam memberikan umpan balik kepada rekan mereka. Selain itu, mahasiswa bergantung pada instruksi dosen mereka dalam memberikan umpan balik sehingga peran dosen dalam memberikan literasi umpan balik menjadi penting untuk meningkatkan produktivitas mahasiswa dalam memberikan umpan balik. Secara kesimpulan, penelitian ini menyarankan peningkatan literasi umpan balik mahasiswa melalui dosen mereka. Temuan ini menyoroti cara mahasiswa melakukan umpan balik korektif mediasi komputer antar rekan.
The purpose of this study is to investigate how university students perform peer computer-mediated corrective feedback. This study is conducted qualitatively through the students' essay analysis and interview to briefly overview how the students perform peer computer-mediated corrective feedback. The sixteen participants, who have conducted peer computer-mediated corrective feedback in an exemplification writing class, are from one of the state universities in Surabaya. The study's results revealed that not all types of peer computer-mediated corrective feedback were conducted by the students.Most of the students give feedback started from the aspects they believe they are able to do. They start it by reading the whole essay and moving on to the aspects of writing they check. The students who have less confidence in a particular aspect of writing do not provide the aspect of writing they do not believe they are able to. This leads to the students using another software to assist them in giving feedback to their peers. Moreover, the students are depending on their lecturer's instruction in giving feedback thus the role of lecturers in giving feedback literacy is important in purpose to increase the student's productivity in giving feedback. In conclusion, this study suggests the students' feedback literacy needs to be boosted through their lecturers. The findings highlight the way students' perform peer computer-mediated corrective feedback