ANALISIS KESALAHAN SHĒNGDIÀO SISWA KELAS XI OTKP 1 SMK PGRI 13 SURABAYA
SHĒNGDIÀO ERROR ANALYSIS OF STUDENTS CLASS XI OTKP 1 SMK PGRI 13 SURABAYA
Bahasa sebagai alat yang digunakan manusia untuk berinteraksi dan berkomunikasi. Pengusaan terhadap bunyi-bunyi bahasa Mandarin merupakan hal yang penting. Mengingat bahasa Mandarin memiliki bunyi-bunyi bahasa yang tidak sedikit, seperti bunyi konsonan, vokal dan nada. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesalahan siswa dalam menyimak shēngdiào bahasa Mandarin. Serta faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi kesalahan siswa dalam menyimak shēngdiào bahasa Mandarin. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa tes dan angket. Dengan subjek penelitian siswa kelas XI OTKP 1 SMK PGRI 13 Surabaya. Dari hasil analisis penelitian dapat diketahui kesalahan yang paling banyak dilakukan siswa pada menyimak shēngdiào, adalah shēngdiào kedua dengan presentase sebesar 63%, shēngdiào keempat dengan presentase sebesar 61%, shēngdiào ketiga dengan presentase 44% dan shēngdiào pertama dengan presentase sebesar 38%. Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi kesalahan siswa dalam menyimak shēngdiào diantaranya adalah (1) faktor pengalaman, berkaitan dengan pengalaman belajar siswa, (2) faktor lingkungan fisik, berkaitan dengan sarana dan prasarana belajar siswa, (3) faktor psikologis, berkaitan dengan kurangnya konsentrasi siswa saat tes menyimak, (4) faktor motivasi, yang berkaitan dengan semangat siswa saat mengerjakan soal tes menyimak shēngdiào dan yang terakhir (5) faktor sikap, yang berkaitan dengan ketertarikan siswa dalam mengerjakan soal tes menyimak shēngdiào. Kesalahan menyimak nada shēngdiào bahasa mandarin yang dilakukan oleh siswa menyebabkan perubahan makna dari kata yang disimak, kesalahan menyimak shēngdiào ini disebabkan oleh beberapa faktor yaitu, pengalaman belajar siswa, sarana dan prasarana, konsentrasi siswa, ketidaktertarikan siswa dan semangat siswa.
Kata Kunci: analisis kesalahan, menyimak, shēngdiào
Language is a tool used by humans to interact and communicate. Mastery of Mandarin sounds is important. Given that Mandarin has many language sounds, such as consonants, vowels and tones. This study aims to analyze students' errors in listening to Chinese shēngdiào. And what factors influence students' errors in listening to Chinese shēngdiào. The method used is descriptive qualitative by using data collection techniques in the form of tests and questionnaires. With the research subjects of class XI OTKP 1 SMK PGRI 13 Surabaya. From the results of the research analysis, it can be seen that the most errors made by students in listening to shēngdiào, were the second shēngdiào with a percentage of 63%, the fourth shēngdiào with a percentage of 61%, the third shēngdiào with a percentage of 44% and the first shēngdiào with a percentage of 38%. There are several factors that affect students' listening to shēngdiào including (1) experience factors, related to student learning experiences, (2) physical environmental factors, related to student learning facilities and infrastructure, (3) psychological factors, related to students' lack of concentration. during the listening test (4) motivational factor, which is related to students' enthusiasm when working on the shēngdiào listening test questions, and finally. (5) the attitude factor, which is related to students' interest in working on the shēngdiào listening test questions. Errors in listening to the Chinese shēngdiào notes made by students caused a change in the meaning of the words they were listening to. This shēngdiào listening error was caused by several factors, namely, student learning experience, facilities and infrastructure, student concentration, student disinterest and student enthusiasm.
Keywords: error analysis, listening, shēngdiào