Intensi berwirausaha sosial seseorang tumbuh berdasarkan faktor empati, moral obligation, sociopreneur self efficacy, dan dukungan sosial. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh dari variabel empati, moral obligation, sociopreneur self efficacy, dan dukungan sosial terhadap intensi berwirausaha sosial mahasiswa program studi pendidikan ekonomi. Penelitian ini menggunakan explanatory research dengan pendekatan kuantitatif. Untuk populasinya adalah mahasiswa prodi pendidikan ekonomi angkatan 2018 dan 2019 yang berjumlah 103 mahasiswa, serta menggunakan simple random sampling sebagai metodenya. Sehingga didapatkan jumlah 82 mahasiswa sebagai sampel dalam penelitian ini. Pengumpulan data menggunakan kuesioner yang disebarkan secara online, selanjutnya dianalisis dengan metode regresi linear berganda. Penelitian ini menghasilkan temuan; (1) empati berpengaruh positif secara signifikan terhadap intensi berwirausaha sosial mahasiswa (2) moral obligation berpengaruh positif secara signifikan terhadap intensi berwirausaha sosial mahasiswa (3) sociopreneur self efficacy berpengaruh positif secara signifikan terhadap intensi berwirausaha sosial mahasiswa (4) dukungan sosial berpengaruh positif secara signifikan terhadap intensi berwirausaha sosial mahasiswa (5) empati, moral obligation, sociopreneur self efficacy, dan dukungan sosial berpengaruh terhadap intensi berwirausaha sosial mahasiswa secara simultan.
A person's social entrepreneurship intention grows based on the factors of empathy, moral obligation, sociopreneur self efficacy, and social support. This study aims to analyze the effect of the variables of empathy, moral obligation, sociopreneur self-efficacy, and social support on the social entrepreneurship intentions of students in the economic education study program. This study uses explanatory research with a quantitative approach. The population is students of the 2018 and 2019 economic education study programs, totaling 103 students, and using simple random sampling as the method. So that obtained the number of 82 students as a sample in this study. Collecting data using a questionnaire distributed online, then analyzed using multiple linear regression method. This research resulted in the findings; (1) empathy has a significant positive effect on students' social entrepreneurship intentions (2) moral obligation has a significant positive effect on students' social entrepreneurship intentions (3) sociopreneur self-efficacy has a significant positive effect on students' social entrepreneurship intentions (4) social support has a significantly positive effect significant effect on students' social entrepreneurship intentions (5) empathy, moral obligation, sociopreneur self efficacy, and social support simultaneously influence students' social entrepreneurship intentions.