Covid-19 Prevention Education Through a Digital Comic Titled "BOOST" on the Webtoon Platform
Perancangan komik digital berjudul “BOOST” ini merupakan bagian dari upaya ikut serta membantu masyarakat dalam mencegah penularan virus Covid-19. Komik ini bertujuan untuk mengedukasi masyarakat dalam memiliki resiliensi agar terhindar dari penularan virus Covid-19 dan memberikan pengalaman rasa duka dari keluarga yang ditinggalkan akibat Covid-19 melalui experiental narrative. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan konsep komik digital BOOST, juga mendeskripsikan proses dan hasil perancangan komik digital BOOST. Metode penelitian ini menggunakan kualitatif dengan pendekatan Design Thinking meliputi 5 tahap yang terdiri dari empathize, define,ideate, prototype, dan test. Data penelitian ini diperoleh melalui wawancara dengan penyintas covid dan tenaga medis, dan data sekunder yang diperoleh dari kajian studi literatur tentang Covid-19 dan data berkaitan dengan komik. Analisis data penelitian ini menggunakan analisis 5W+1H. Penelitian ini menghasilkan karya utama berupa komik dengan tiga episode dan disertai karya penunjang yaitu poster, feed Instagram, dan sticker yang dapat digunakan pada aplikasi whatsapp. Berdasarkan hasil ujicoba pada audien, maka komik yang diracang telah memenuhi kriteria baik dengan persentase sebesar 88.25% dengan kriteria sangat valid.
The design of this digital comic titled "BOOST” is part of an effort helping the community to preventing the transmission of Covid-19 virus. This comic aims to educate the public for having reciliation to avoid Covid-19 and this comic provides an experience of grief from families because Covid-19 through experiential narrative. Meanwhile, the purpose of this research is to describe the concept of digital comics, also to describe the process and results of the BOOST digital comic design. The research method used is qualitative research with Design Thinking which consists of empathize, define, ideate, prototype, and test. The data obtained from interviews with covid survivors and medical personnel, meanwhile secondary data obtained from literature studies about Covid-19 and also about the comic. The data analysis of this research uses the 5W + 1H method The main work is a comic with 3 episodes and is accompanied by supporting works, namely posters, Instagram feeds, and stickers that can be used on the WhatsApp application. Based on the results of trials on comic readers, this comic has met the good criteria with a percentage score 88.25% with very accurate criteria.