Pengembangan Instrumen Penilaian Kognitif Untuk Mengukur Pengetahuan Siswa Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Kelas VII SLTP
Development of Cognitive Assessment Instruments to Measure Student Knowledge in Teaching Physical Education, Sports and Health Class VII Junior High School
ABSTRAK
Ibrahim. 2021. Pengembangan Instrumen Penilaian Kognitif untuk Mengukur Pengetahuan Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Kelas VII SLTP. Tesis, Program Studi Pendidikan Olahraga, Pascasarjana, Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing: (1) Dr. Advendi Kristiyandaru, S.Pd.,M.Pd. dan (II) Dr. Achmad Widodo, M.Kes.
Kata-kata Kunci: pengembangan instrumen, penilaian kognitif, pengetahuan, pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengembangkan instrument penilaian kognitif untuk mengukur pengetahuan siswa dalam pembelajaran Pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan kelas VII SLTP, (2) mengetahui tingkat kelayakan pengembangan instrument penilaian kognitif untuk mengukur pengetahuan siswa dalam pembelajaran pendidikan jasmani olaharaga dan kesehatan kelas VII SLTP.
Dalam penelitian ini menggunakan model penelitian dan pengembangan Borg dan Gall. Ada 10 langkah dalam model pengembangan menurut Sugiyono yaitu; Namun penelitian ini hanya menggunakan 8 langkah, yakni: 1) potensi dan masalah, 2) pengumpulan data, 3) desain produk, 4) validasi desain, 5) revisi desain, 6) ujicoba produk, 7) revisi produk, 8) ujicoba pemakaian. Hasil penelitian dari soal yang dikembangkan 150 ini menunjukkan butir-butir soal materi permainan bola besar berdasarkan validasi yang dilakukan oleh dua ahli mencapai 67%, untuk yang tidak valid 42 soal maka yang valid tersisa 108 soal. Jika dicocokkan dengan tabel kriteria kelayakan, maka skor pencapaian ini termasuk valid, kemudian dari hasil ujicoba kelompok kecil dan kelompok besar dari 108 soal terdapat 2 soal yang dikatakan tidak valid, sehingga berdasarkan keseluruhan soal yang dikembangkan soal yang valid hanya 106 butir soal.
ABSTRACT
Ibrahim. 2021. Development of Cognitive Assessment Instruments to Measure Student Knowledge in Learning Physical Education, Sport and Health Class VII Junior High School. Thesis, Sports Education Study Program, Postgraduate, Surabaya State University. Advisors: (1) Dr. Advendi Kristiyandaru, S.Pd., M.Pd. and (II) Dr. Achmad Widodo, M.Kes.
Keywords: instrument development, cognitive assessment, google, knowledge, physical education, sports and health learning.
This study aims to (1) develop a cognitive assessment instrument to measure students 'knowledge in learning sports and health for class VII SLTP, (2) determine the feasibility of developing a cognitive assessment instrument to measure students' knowledge in learning physical education and health in class VII SLTP. .
In this study using the research and development model of Borg and Gall. There are 10 steps in the development model according to Sugiyono, namely; However, this study only uses 8 steps, namely: 1) potentials and problems, 2) data collection, 3) product design, 4) design validation, 5) design revision, 6) product testing, 7) product revision, 8) usage trials . The results of the research on the questions developed by 150 showed that the items on the material for big ball games based on the validation by two experts reached 67% for 42 invalid questions, then 108 valid question remain. If it is matched with the eligibility criteria table, then this achievement score is considered valid, then from the results of the small and large group trials of 108 questions there are 2 questions that are said to be invalid, so based on the overall questions developed, only 106 valid items are valid.