ANALISIS KUALITAS LAYANAN DAN PERANCANGAN WEBSITE PT. PELABUHAN INDONESIA III MENGGUNAKAN METODE WEBQUAL
SERVICE QUALITY ANALYSIS AND WEBSITE DESIGN OF PT. PELABUHAN INDONESIA III USING WEBQUAL METHOD
Pemanfaatan website diperlukan organisasi atau perusahaan sebagai sarana informasi kepada masyarakat umum maupun stakeholder perusahaan. PT. Pelabuhan Indonesia III adalah salah satu perusahaan yang memperoleh manfaat penggunaan website sebagai metode penyampaian informasi kepada masyarakat. Namun berdasarkan hasil traffic overview pada SimilarWeb, website PT. Pelabuhan Indonesia III mengalami penurunan jumlah pengunjung. Oleh karena itu, evaluasi terhadap kualitas website PT. Pelabuhan Indonesia III diperlukan untuk mengetahui kekurangan dan permasalahan website. Penelitian bertujuan untuk mengetahui faktor apa yang memengaruhi kualitas layanan situs website. Teknik evaluasi yang digunakan untuk menentukan kualitas layanan situs website yaitu metode Webqual 4.0. Hasilnya menunjukkan bahwa kualitas layanan secara menyeluruh memengaruhi kepuasan pengguna website. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan uji T, faktor yang secara signifikan mempengaruhi variabel kepuasan pengguna, yaitu faktor information quality dengan nilai signifikansi sebesar 0,003 dan faktor service interaction quality dengan nilai signifikansi 0,000.
Kata Kunci: Kepuasan Pengguna, Kualitas Website, Webqual 4.0, Website Pelindo.
The use of the website is needed by an organization or company as a means of information to the general public and company stakeholders. PT. Pelabuhan Indonesia III is one of the companies that has benefited from using a website as a method of delivering information and data to the public. However, based on the results of the traffic overview on SimilarWeb, the PT. Pelabuhan Indonesia III has decreased in the number of visitors. Therefore, an evaluation of the quality of the PT. Pelabuhan Indonesia III is needed to find out the shortcomings and problems of the website. The research was conducted with the aim of knowing what elements affect the quality of the website service. The evaluation technique used to determine the quality of website service is the Webqual 4.0 method. The results show that the overall service quality affects the satisfaction of website users. The results showed that based on the T test, the factors that significantly affect the user satisfaction variable are the information quality factor with a significance value of 0.003 and the service interaction quality factor with a significance value of 0.000.
Keywords: User Satisfaction, Website Quality, Webqual 4.0, Website Pelindo