Perancangan Animasi 2D Edukasi Pengenalan Deforestasi Untuk Anak Usia 8-12 Tahun
2d Animation Design Introducing Deforestation for Children Aged 8-12 Years
Deforestasi adalah peristiwa hilangnya tutupan hutan beserta isinya hingga menyebabkan rusaknya struktur dan fungsi hutan. Deforestasi menimbulkan dampak permanen pada alam juga mendatangkan bencana alam pada manusia seperti longsor, banjir, kekeringan, pemanasan global dan krisis pangan. Meskipun banyak upaya yang telah dilakukan oleh pemerintah seperti sertifikasi Pengelolaan Hutan Produksi Lestari (PHPL) dan Sistem Verifikasi Legalitas Kayu (SVLK), tetap menunjukkan adanya peristiwa deforestasi yang terjadi. Edukasi mengenai pentingnya hutan telah diberikan kepada anak-anak pada materi sekolah maupun dari iklan layanan masyarakat, dibutuhkan penegasan kembali materi pengenalan deforestasi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan konsep hingga proses perancangan media edukasi berupa animasi 2D yang bertemakan pengenalan deforestasi sebagai solusi atas permasalahan yang timbul akibat deforestasi. Animasi ini dirancang menggunakan metode pemecahan masalah design thinking oleh Kelley dan Brown. Animasi ini memuat materi berupa pengenalan kondisi hutan sebelum, ketika, sesudah terjadinya deforestasi serta dampak yang terjadi. Hasil dari perancangan ini berupa Animasi 2D yang berdurasi 3 menit. Diharapkan dengan adanya perancangan animasi ini, masyarakat dapat mengenal apa itu deforestasi dan dampak yang terjadi setelahnya. Animasi ini ditujukan kepada anak dengan rentang usia 8-12 tahun telah dipublikasikan dalam platform Youtube.
Deforestation is the loss of forest area and its contents which causes damage to the structure and function of the forest. Deforestation has a permanent impact on nature. bring natural disasters to humans such as landslides, floods, droughts, global warming and food crisis. Although various efforts have been made by the government, such as certification of Sustainable Production Forest Management (PHPL) and Timber Legality Verification System (SVLK), still shows the occurrence of deforestation events. Education about the importance of forests that has been given to children in schools as well as from public service advertisements, still needs to be reaffirmed the introduction about deforestation. This study aims to describe the concept and process of designing animation with the theme of introducing deforestation as a solution to problems that arise due to deforestation. This animation was designed using the design thinking problem solving method by Kelley and Brown. This animation contains material in the form of an introduction to forest conditions before, during, after deforestation and the impacts that occur. The results of this study are 2D animation with a duration of 3 minutes. It is hoped that with this research, the public can find out what deforestation is. This animation is intended for children aged 8-12 years and published on the YouTube platform