Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum terpenuhnya kebutuhan masyarakat akan Kelompok Bermain (KB), menjadi salah satu permasalahan yang terjadi pada layanan PAUD. Pemerataan pendidikan khususnya Kelompok Bermain (KB) masih rendah hal ini disebabkan oleh faktor pendanaan. Hal demikian yang dapat merasakan pelayanan Kelompok Bermian (KB) cenderung berasal dari kalangan orang yang berpenghasilan tinggi dan tidak untuk semua kalangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan layanan Kelompok Bermain (KB) dengan kepuasan orang tua.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Pengambilan responden di Kelompok Bermain (KB) Kuncup Harapan dengan sasaran orang tua yang berjumlah 45 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan rumus Product Moment untuk menganalisis angket. Hasil penelitian menunjukkan layanan Kelompok Bermain (KB) memiliki hubungan positif signifikan dengan kepuasan orang tua di PAUD Kuncup Harapan yang ditunjukkan dengan rhitung> rtabel (0,623>0,294) dengan nilai sig= 0,000< 0,05. Sehingga jika layanan Kelompok Bermain (KB) semakin baik maka akan bertambah tinggi tingkat kepuasan orang tua dan sebaliknya jika layanan Kelompok Bermain (KB) buruk maka akan rendah kepuasan orang tua.
Kata Kunci : Layanan, Kepuasan,Kelompok Bermain (KB), Orang Tua
This research is motivated by unmet the society’s needs of playgroup, it becomes one kind of problems hat happen in playgroup ices. The educational equal espesially playgroup services are still in lower quality, it caused by fundng factor. There for, those who can afford this service tends to be from the upper classes only. This research aims to determine the relationship between playgroup service and parental satisfation.
This research uses a quatitative research approach with the correlational researches. Which is taking respondens in the Kuncup Harapan playgroup, targeting 45 parents with questionnare and documentation collection system. Meanwhile the data analysis technique uses Product Moment formula to analyze the quetiontiaire. The result of his research has a significant positive relationship with parental satisfaction in Kuncup Harapan playgroup. Which is addressed with rcount > rtable (0,623>0,294) with sig = 0,000 > 0,05. So that if the playgroup services get beter, so the parental satisfaction will be as good as it is and the opposite will be happen if the service run badly.
Keywords:service,satisfaction,playgroup, parents