Pengembangan Media Science Comic untuk melatih Kecerdasan Visual-Spasial Siswa
Development of Media Science Comic to Practice Students' Visual-Spatial Intelligence
Anak usia 7-12 tahun atau masa Sekolah Dasar (SD) mengalami perkembangan dalam berpikir yang awalnya pra-operasional menjadi konkret, konkret menjadi abstrak. Pelajar yang lambat dalam intelektual kapasitas kemampuan membaca mereka dapat dibantu dengan komik. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media science comic yang dalam pelaksanaannya untuk melatih kecerdasan visual-spasial serta perangkat yang berkaitan seperti Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) untuk melihat keterlaksaan pembelajaran, Angket Siswa, dan Lembar Tes kemampuan visual-spasial siswa kelas V SD. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4D (define, design, develop, dan disseminate), yang terbatas hanya sampai pada tahap ketiga (develop). Pengembangan science comic untuk melatih kecerdasan visual-spasial menggunakan dua lembar validasi yaitu validasi materi, dan validasi media. Validasi dilakukan oleh tiga orang ahli dibidangnya dan diperoleh hasil bahwa media valid dan dapat digunakan dalam uji coba. Keterlaksaan pembelajaran menggunakan media scinc comic dilakukan selama tiga kali pertemuan dan pembelajaran dinilai oleh 2 orang pengamat yang merupakan guru kelas lima. Penelitian dilakukan kepada 14 siswa kelas V SD Negeri Ngepung 1 dengan Prettest-Posttest Design. Instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa lembar validasi media, lembar pengamatan keterlaksanaan (RPP), lembar angket siswa, lembar tes kemampuan visual-spasial. Metode analisis data yang dilakukan berupa analisis validasi media, analisis keterlaksanaan kegiatan belajar, analisis angket siwa, analisis tes kemampuan visual-spasial siswa. Hasil yang didapat dari penelitian pengembangan media science comic untuk melatihkan kecerdasan visual-spasial siswa yang telah dikembangkan adalah (1) valid dengan nilai validasi media yang diperoleh sebesar 87,8 nilai validasi materi diperoleh sebesar 88,1 (2) praktis, dilihat dari keterlaksanaan RPP dan angket respon siswa. Persentase keterlaksanaan pembelajaran pertemuan pertama sebesar 85%, pertemuan kedua sebesar 91%, dan pertemuan ketiga sebesar 97%. Persentase angket siswa setelah proses pembelajaran pertemuan pertama sebesar 81%, pertemuan kedua sebesar 86%, dan pertemuan ketiga sebesar 93% (3) efektif, dilihat dari adanya perbedaan yang signifikan antara hasil pretest dan posttest tes kecerdasan visual-spasial dari siswa. Persentase pretest sebesar 45% dan posttest sebesar 86%.
Children aged 7-12 years experience development in thinking that was originally pre-operational to concrete, concrete to abstract. Learners who are slow in their intellectual reading capacity can be helped with comics. The research aims to produce science comic media which in its implementation is to practice visual-spatial intelligence and related tools such as Learning Implementation Plans (RPP) to see the implementation of learning, Student Questionnaires, and Test Sheets for visual-spatial abilities of class V SD students. This study uses the 4D development model (define, design, develop, and disseminate), which is limited to the third stage (develop). The development of science comics to practice visual-spatial intelligence uses two validation sheets, namely material validation and media validation. Validation was carried out by three experts in their field and the result was that the media was valid and could be used in trials. The implementation of learning using scinc comic media was carried out for three meetings and learning was assessed by 2 observers who were fifth grade teachers. The research was conducted on 14 fifth grade students of SD Negeri Ngepung 1 with the Pretest-Posttest Design. The data collection instruments used were media validation sheets, implementation observation sheets (RPP), student questionnaire sheets, visual-spatial ability test sheets. Methods of data analysis carried out in the form of media validation analysis, analysis of the implementation of learning activities, student questionnaire analysis, analysis of students' visual-spatial ability tests. The results obtained from research on the development of science comic media to practice students' visual-spatial intelligence that have been developed are (1) valid with a media validation value obtained of 87.8 material validation value obtained of 88.1 (2) practical, seen from implementation RPP and student response questionnaire. The percentage of learning implementation in the first meeting was 85%, the second meeting was 91%, and the third meeting was 97%. The percentage of students' questionnaires after the first meeting learning process was 81%, the second meeting was 86%, and the third meeting was 93% (3) effective, seen from the significant difference between the pretest and posttest results of the students' visual-spatial intelligence tests. The percentage of pretest is 45% and posttest is 86%.