ABSTRAK
PENGEMBANGAN MEDIA “PETA MANAJEMEN KONFLIK” PADA SISWA KELAS VIII DI SMPN 2 CANDI SIDOARJO
Nama : Diani Ayu Putri Istiha
NIM : 13010014037
Program Studi : S-1 Bimbingan dan Konseling
Jurusan : Bimbingan dan Konseling
Fakultas : Fakultas Ilmu Pendidikan
Nama lembaga : Universitas Negeri Surabaya
pembimbing : Dra. Titin Indah Pratiwi, M. Pd.
Berdasarkan studi pendahuluan di SMPN 2 Candi, dari hasil wawancara dan angket yang disebar kepada 100 orang siswa kelas VIII dapat terlihat bahwa bentuk konflik interpersonal yang dialami oleh siswa di SMPN 2 Candi sangat beragam, dan akibat yang terjadi cenderung ke arah negatif. Maka peneliti menganggap perlu untuk segera melakukan layanan yang dapat meningkatkan keterampilan manajemen konflik interpersonal pada siswa kelas VIII di SMPN 2 Candi.
Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan media berupa “Peta Manajemen Konflik” untuk siswa kelas VIII di SMPN 2 Candi Sidoarjo. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan Borg and Gall (1983) yang disederhanakan oleh tim Puslitjaknov (2008).
Hasil penelitian menerangkan bahwa media “Peta Manajemen Konflik” memenuhi syarat akseptabilitas. Dari uji validitas diperoleh rata-rata penilaian ahli materi 93,75% untuk penilaian akseptabilitas media Peta Manajemen Konflik, dan 95,835% untuk penilaian akseptabilitas buku panduan, hasil rata-rata penilaian ahli media sebanyak 85,59% untuk penilaian akseptabilitas media Peta Manajemen Konflik, dan 84,375% untuk penilaian akseptabilitas buku panduan, untuk uji ahli pengguna (konselor) mendapatkan nilai rata-rata sebanyak 93,75% untuk penilaian akseptabilitas media Peta Manajemen Konflik, dan 90,105% untuk penilaian akseptabilitas buku panduan, uji calon pengguna (siswa) mendapatkan rata-rata nilai sebesar 83,2%. Hasil penilaian tersebut bila diimplementasikan dalam kriteria penilaian mendapatkan kategori sangat baik sehingga tidak perlu dilakukan revisi, maka media “Peta Manajemen Konflik” untuk siswa kelas VIII SMPN 2 Candi Sidoarjo memenuhi kriteria akseptabilitas dan dapat digunakan di sekolah.
ABSTRACT
THE DEVELOPMENT OF MEDIA “PETA MANAJEMEN KONFLIK” FOR 8TH GRADE STUDENTSIN STATE JUNIOR HIGH SCHOOL 2 OF CANDI SIDOARJO
Name : Diani Ayu Putri Istiha
Student Registration Number : 13010014037
Study Program : S-1 Guidance and Counseling
Department : Guidance and Counseling
Faculty : Education
Institution Name : State University of Surabaya
Advisor : Dra. Titin Indah Pratiwi, M. Pd.
Based on preliminary study carried out at SMPN 2 Candi Sidoarjo with interviews of 10 students and questionnaires filled by 100 8th grade students, it is known that interpersonal conflicts experienced by 8th grade students of SMPN 2 Candi are various. Moreover, this tends to lead to negative effects. Therefore, the writer concluded that a service that is able to improve interpersonal conflict management skills for 8th grade students of SMPN 2 Candi is needed.
This study aimed to produce “Peta Manajemen Konflik” for 8th grade students of SMPN 2 Candi Sidoarjo. This development research applied Borg and Gall development model (1983) which was simplified by Tim Puslitjaknov (2008).
The result of this study shows that “Peta Manajemen Konflik” meets acceptability requirement. According to validity test, the material expert gave average score of 93.75% for the acceptability assessment of Peta Manajemen Konflik and 95.835% for acceptability assessment of the guide book. From media expert assessment, the average score was 85.59% for the acceptability assessment of Peta Manajemen Konflik and 84.375% for acceptability assessment of the guide book. Meanwhile, counsellors’ assessment showed average score of 93.75% for the acceptability assessment of Peta Manajemen Konflik and 90.105% for acceptability assessment of the guide book. Lastly, the assessment done on the students showed average score of 83.2%. According to assessment criteria, this result is categorised as “very good” hence no need for revision. Thus, “Peta Manajemen Konflik” for 8th grade students of SMPN 2 Candi Sidoarjo is qualified in terms of acceptability and can be applied in schools.