DESIGNING THE VISUAL IDENTITY OF MSMES SNACK MRS. MUSRIANI IN NGANJUK
Perkembangan UMKM di Jawa Timur sendiri mengalami peningkatan, dari segi kualitas dan sebagainya. Terbukanya usaha rumahan atau di Jawa Timur sering disebut dengan UMKM merupakan salah satu batu loncatan masyarakat di Kabupaten Nganjuk untuk membangun bisnis. Dalam memperkenalkan bisnis atau suatu usaha yang di miliki dapat memanfaatkan berbagai hal salah satunya promosi digital yang sering kali dilakukan, melalui kualitas produk serta tahapan yang paling penting dengan identitas produk yang berada di dalam kemasan produk.
Metode yang digunakan dalam perancangan ini menggunakan pengumpulan data primer dengan melakukan wawancara, dan observasi dengan pelaku umkm. Analisis data yang dilakukan dengan menggunakan metode SWOT.
Hasil dari perancangan ini adalah mencipkatan identitas visual seperti logo dan label bagi UMKM, agar lebih mudah dikenal oleh para konsumen. Sebagai media pendukung dirancanglah beberapa media pendukung seperti poster, gantungan kunci, seragam pegawai, kartu nama, papperbag, dan kemasan. Sebagai sarana media untuk promosi bagi umkm.
perancangan identitas visual merupakan langkah yang penting untuk UMKM seperti Dava Davin yang bergerak di bidang makanan ringan dan menjual aneka snack yang diolah sendiri. Dengan memiliki identitas visual yang kuat, Dava Davin dapat menciptakan citra yang konsisten, menarik perhatian konsumen, dan membangun pengenalan merek yang lebih baik.
Kata Kunci : Logo, Label, UMKM
The development of UMKM in East Java itself has increased, in terms of quality and so on. The opening of a home-based business or in East Java often referred to as UMKM is one of the stepping stones for people in Nganjuk Regency to build a business. In introducing a business or a business that is owned, you can take advantage of various things, one of which is digital promotion that is often done, through product quality and the most important stages with product identity in product packaging.
The method used in this design uses primary data collection by conducting interviews, and observations with UMKM actors. Data analysis carried out using the SWOT method.
The result of this design is to create visual identities such as logos and labels for UMKM, so that they are more easily recognized by consumers. As supporting media, several supporting media were designed such as posters, key chains, employee uniforms, business cards, papperbags, and packaging. As a means of media for promotion for UMKM.
Visual identity design is an important step for UMKM such as Dava Davin who are engaged in snacks and sell a variety of snacks that are processed by themselves. By having a strong visual identity, Dava Davin can create a consistent image, grab consumers' attention, and build better brand recognition.
Key Words : Logo, Label,UMKM