Reduction In Ad Text Knorr
Pada era sekarang iklan dirasa sangat penting untuk keberhasilan penjualan produk suatu perusahaan. Sehingga perusahaan dituntut mengemas suatu iklan secara menarik untuk menarik minat konsumen. Salah satunya dengan menggunakan kalimat yang singkat namun tetap tersampaikan isi atau maksud iklan tersebut. Hal itu dirasa sangat cocok jika menggunakan konstruksi reduksi, karena konstruksi tersebut dapat mempersingkat teks pada iklan sehingga terbentuklah keefisienan dalam teks iklan. Fenomena tersebut terbukti ditemukan pada iklan Knorr, sebagian besar Knoor didapati adanya reduksi pada iklannya. Penggunaan reduksi oleh Knorr yang bervariatif juga menjadi latar belakang penelitian ini dilakukan. Variasi reduksi tersebut perlu dianalisis lebih dalam agar para pembaca dapat memahami intensi dari iklan tersebut dan tidak menimbulkan salah pemahaman. Penelitian ini akan berfokus pada reduksi. Terkait dengan fokus tersebut, penelitian ini mendeskripsikankonstuksi reduksi yang ditinjau dari unsur kalimat yang mengalami pereduksian. Selain itu, penelitian in juga mendeskripsikan jenis reduksi dalam kalimat iklan tersebut. Adapun data yang diperoleh dan yang di analisis berupa 8 kalimat pada iklan Knorr yang diunduh melalui akun instagram resmi Knorr Deutschland. Penelitian ini dianalisis menggunakan teori Benhard Sowinski (1999) tentang reduksi, Peter Gallmann (2009) tentang Weglassprobe dan jenis penyimpanan unsur kalimat, Christa Dürscheid (2012) tentang Eliminierungstest. Berdasarkan penggunaan teori tersebut ditemukan hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pereduksian bagian dari unsur kalimat berupa nomina, preposisi, adjektiva, artikel dan verba. Lalu ditemukan juga pereduksian yang berupa nomina tetapi masuk pada jenis penyimpanan berupa kata majemuk. Unsur kalimat yang mengalami reduksi memiliki fungsi yang berbeda-beda bergantung pada letak atau posisi penghilangan unsur kalimat tersebut dalam kalimat serta pengurangan unsur kalimat tersebut berfungsi juga sebagai objek akusatif yang mengalami reduksi pada bagian kata benda, objek preposisi yang mengalami reduksi pada bagian preposisi dan adjektiva atributif yang mengalami reduksi pada adjektiva atau kata sifat.
Kata Kunci: reduksi, iklan, stilistika.
In the current era, advertising is considered very important for the successful sales of a company's product. So that companies are required to package an advertisement in an attractive manner to attract consumer interest. One of them is by using short sentences but still conveying the content or purpose of the ad. This is considered very suitable if you use a reduction construction, because this construction can shorten the text in the ad so that efficiency in the ad text is formed. This phenomenon is proven to be found in Knorr's advertisements, most of Knoor's found a reduction in their advertisements. Knorr's use of various reducers was also the background for this study. This reduction variation needs to be analyzed more deeply so that readers can understand the intent of the advertisement and not cause misunderstanding. This research will focus on reduction. Related to this focus, this study will describe the reduction construction in terms of the reduced sentence elements. In addition, this study will also describe the types of storage of sentence elements that experience reduction in the sentence. The data obtained and analyzed are in the form of 8 sentences in the Knorr advertisement downloaded through the official Knorr Deutschland Instagram account. This research was analyzed using Benhard Sowinski's (1999) theory about reduction, Peter Gallmann (2009) about Weglassprobe and types of sentence element storage, Christa Dürscheid (2012) about Eliminierungstest. Based on the use of this theory, it was found that the research results indicated that there was a reduction in the part of the sentence elements in the form of nouns, prepositions, adjectives, articles and verbs. Then also found reduction in the form of a noun but entered into the type of storage in the form of a compound word. Reduced sentence elements have different functions depending on the location or position of eliminating the sentence elements in the sentence and the reduction of the sentence elements also functions as an accusative object that is reduced in the part of the noun, the object of the preposition which is reduced in the preposition and adjective parts attributive experiencing reduction in adjectives or adjectives.
Keywords: reduction, advertising, stylistics.