Pengembangan Modul Cetak Berbasis Cooperative Learning Pada Mata Pelajaran Manajemen Produksi Untuk Peserta Didik Kelas XII Di SMKN 1 Surabaya
Development of Printed Modules Based on Cooperative Learning in Production Management Subjects for Class XII Students at SMKN 1 Surabaya
Tujuan penelitian pengembangan ini adalah untuk mengetahui kelayakan dan keefektifan media modul cetak berbasis Cooperative Learning materi teknik bloking pada mata pelajaran manajemen produksi kelas XII PSPT SMKN 1 Surabaya dengan menggunakan model pengembangan R&D menurut Sugiyono.
Kelayaan media diukur dari hasil perolehan data berupa angket validasi oleh para ahli dan hasil uji coba dengan menggunakan skala likert. Sedangkan keefektifan media modul cetak dapat diketahui dengan melakukan perhitungan uji t independent t test Polled Varians yang diperoleh dari pre-test dan post-test peserta didik. Hasil dari perhitungan validasi dan uji coba diperoleh hasil kategori sangat baik dengan melakukan revisi sehingga modul dapat dikatakan layak digunakan dalam proses pembelajaran. Pada uji validitas dan reliabilitas butir soal dinyatakan valid dan sudah reliable.
Pada uji normalitas dan homogenitas hasil perhitungan menunjukkan bahwa data berdistribusi normal dan bersifat homogen dengan taraf signifikan 5%. Kemudian pada hasil perhitungan uji t menghasilkan t hitung > t tabel = 6,572 > 1,68595. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan secara signifikan pada post-test kelas eksperimen dan kelas kontrol.
The aim of this development research is to determine the feasibility and effectiveness of printed media modules based on Cooperative Learning material on Blocking techniques in the production management subject in XII Grade PSPT Student at SMKN 1 Surabaya using the R&D development model according to Sugiyono.
Media suitability is measured from the results of data acquisition in the form of validation questionnaires by experts and trial results using a Likert scale. Meanwhile, the effectiveness of the printed module media can be determined by calculating Independent Polled Variance t-test obtained from the students' pre-test and post-test. The results of validation calculations and trials obtained very good category results by carrying out revisions so that the module could be said to be suitable for use in the learning process. In the validity and reliability test, the question items were declared valid and reliable.
In the normality and homogeneity test, the calculation results show that the data is normally distributed and homogeneous with a significance level of 5%. Then the t test calculation results produce t count > t table = 6.572 > 1.68595. So it can be concluded that there is a significant difference in the post-test for the experimental class and the control class.