Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan miniatur Trainer PJU berbasis Solar Cell yang baik dan layak digunakan sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran instalasi penerangan listrik di SMK Negeri 1 Pungging Mojokerto. Kelayakan pada penelitian ini dilihat dari tingkat validitas Trainer PJU berbasis Solar Cell, keefektifan ditinjau dari hasil belajar siswa, dan kepraktisan ditinjau dari respon peserta didik.
Subjek penelitian adalah siswa SMK Negeri 1 Pungging Mojokerto kelas XI TITL yang berjumlah 24 siswa. pada penlitian ini peneliti menggunakan 7 tahap yaitu: (1) potensi dan masalah; (2) pengumpulan data; (3) desain produk; (4) validasi produk; (5) revisi produk; (6) uji coba produk; (7) analisa dan pelaporan. Desain penelitian yang digunakan adalah one shot case study.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) skor rerata validasi trainer sebesar 95,83% (sangat valid) (2) skor rerata validasi jobsheet sebesar 94,95% (sangat valid) (3) siswa menunjukkan respon positif terhadap pembelajaran menggunakan trainer PJU berbasis solar cell yang ditunjukkan sebanyak 83,33%, (4) rerata hasil belajar siswa setelah menggunakan media pembelajaran trainer PJU berbasis solar cell adalah 88,54, (5) skor rerata hasil validasi RPP 95,45%, dan dapat dijelaskan bahwa dengan rerata hasil belajar akhir siswa lebih besar dari KKM, sehingga media pembelajaran ini dikatakan efektif untuk digunakan dalam proses pembelajaran.
Kata kunci: pengembangan miniatur trainer, penerangan jalan umum, solar cell
The aim of this study are to produce appropriate learning media in terms of: (1) the validity of solar cell-based PJU trainer learning media (2) the practicallity of solar cell-based PJU trainer learning media, and (3) the effectiveness of learning media based on student learning outcomes after using a solar cell-based PJU trainer learning media.
The development of this solar cell based pju trainer learning media use research and development (R&D) development model. The reasearch subject in this study were 24 students class XI TAV of SMK Negeri 1 Pungging Mojokerto. There are 7 steps that was used in this study base on Sugiyono (2015:298), there are (1) potention and problem; (2) data collect; (3) produce design; (4) design validation; (5) design revision, (6) product trial, (7) analysis and reporting. The research design used was one shot cae study.
The result of the research show that: (1) an average secore of trainer validation is 95,83% (very valid), (2) an average secore of jobsheet validation is 94,95% (very valid) (3) students showed a positive response to practically of that indicated as many as 75,71%, (4) the average of student learning outcome after using solar cell based pju trainer learning media is 88,54, and can be explained that with the average student final learning outcome are greater than KKM, so this media ist declared effective to be used in the learning process.
Keyword: trainer development, public street lighting, solar cell