PENGEMBANGAN MATERI BAHASA INGGRIS UNTUK SISWA KELAS XI JURUSAN BISNIS DAN PEMASARAN
THE DEVELOPMENT OF ENGLISH MATERIALS FOR THE ELEVENTH GRADERS OF BUSINESS MARKETING PROGRAM
Berdasarkan tujuan pembelajarannya, Bahasa Inggris dibedakan menjadi dua, yaitu Bahasa Inggris untuk tujuan umum dan Bahasa Inggris untuk tujuan khusus. Di Indonesia, pembelajaran Bahasa Inggris untuk tujuan umum diterapkan di Sekolah Menengah Atas (SMA) karena kebutuhan siswa SMA dalam belajar Bahasa Inggris tidak dapat dispesifikkan. Di sisi lain, pembelajaran Bahasa Inggris untuk tujuan khusus cocok untuk diajarkan di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) karena siswa SMK diajarkan untuk mengembangkan keahlian-keahlian khusus berdasarkan jurusannya. Namun, sebagian besar guru Bahasa Inggris SMK di Indonesia belum menerapkan pembelajaran Bahasa Inggris untuk tujuan khusus. Siswa SMK masih mempelajari materi Bahasa Inggris umum yang sama dengan yang dipelajari oleh siswa SMA. Kondisi ini juga terjadi di Jurusan Bisnis dan Pemasaran di salah satu SMK yang berlokasi di salah satu kota besar di Jawa Timur.
Penelitian ini memiliki empat tujuan. Tujuan pertama adalah mengidentifikasi kebutuhan siswa kelas XI Jurusan Bisnis dan Pemasaran dalam belajar Bahasa Inggris. Tujuan kedua adalah megidentifikasi konten-konten yang harus dimasukkan dalam materi Bahasa Inggris untuk siswa kelas XI Jurusan Bisnis dan Pemasaran. Tujuan ketiga adalah mengembangkan materi pembelajaran Bahasa Inggris yang tepat siswa kelas XI Jurusan Bisnis dan Pemasaran. Tujuan yang terakhir adalah mengetahui respon guru terhadap materi Bahasa Inggris yang telah dikembangkan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa kelas XI Jurusan Bisnis dan Pemasaran butuh belajar Bahasa Inggris karena di masa kompetisi global ini, kemampuan menggunakan Bahasa Inggris akan banyak membantu mereka ketika mereka mulai bekerja di masa depan. Sebagai siswa Jurusan Bisnis dan Pemasaran, mereka membutuhkan materi Bahasa Inggris khusus untuk Jurusan Bisnis dan Pemasaran yang berisi lebih banyak aktifitas berbicara. Untuk kontennya, mereka setuju bahwa isi materi Bahasa Inggris harus bisa mengembangkan seluruh keterampilan Bahasa Inggris mereka. Oleh karena itu, mereka merasa bahwa mereka harus mempelajari seluruh keterampilan Bahasa Inggris, tetapi lebih fokus kepada keterampilan berbicara dan pengucapan kata karena siswa Jurusan BDP diharapkan untuk bisa tawar menawar, mempromosikan, dan menjelaskan produk yang mereka jual. Dalam mengembangkan materi, peneliti menerapkan metode adaptasi materi dan hasilnya menunjukkan bahwa menurut pendapat guru Bahasa Inggris di Jurusan Bisnis dan Pemasaran, materi yang dikembangkan peneliti sudah baik secara keseluruhan dan memberi manfaat kepada guru dan siswa. Selain itu, materi yang dikembangkan juga telah memenuhi kebutuhan siswa dalam belajar Bahasa Inggris.
In terms of purpose of teaching, English is divided into two specifications, namely English for General Purpose (EGP) and English for Specific Purpose (ESP). In Indonesia, EGP is applied at senior high schools since the students’ need at senior high schools cannot be specified. On the other hand, ESP is appropriate to be taught at vocational high schools since the students at vocational high schools are taught to develop specific skills based on their major. However, most English teachers of vocational high schools in Indonesia have not taught ESP. The English materials learned by students are still EGP based on the syllabus in 2013 Curriculum. This condition also happens in Business Marketing Program at a vocational high school located in one of the big cities in East Java.
There were four objectives of this study. The first one was to identify the need of the eleventh grade students of Business Marketing Program in learning English. The second one was to identify the contents that should be included in English materials for the eleventh grade students of Business Marketing Program. The third one was to develop the appropriate English materials for the eleventh grade students of Business Marketing Program. The last one was to find out the teacher’s response toward the English materials developed.
The results showed that the eleventh grade students of Business Marketing needed to learn English because having English skills will help them a lot when they start to work in the future in this global competition era. As marketing students, they thought that they needed specific English materials for Business Marketing Program which contains more speaking activity. In terms of the content, they agreed that the materials should be able to develop their language skills. Therefore, they thought that they had still to learn all the language skills. However, they felt that the materials should focus more on developing their speaking skill and pronunciation since as marketing students, they are expected to be able to bargain, promote and also explain the products they are selling. In developing the materials, the researcher applied the materials adaptation method, and the result showed that according to the teacher, the materials developed were overall good and gave benefits for both teacher and students. Moreover, the teacher said that the materials have met the students’ need in learning English.