Pada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas penerapan model pembelajaran kooperatif STAD sehingga berpengaruh dalam aktivitas siswa, kecerdasan majemuk siswa, dan respon siswa pada materi larutan penyangga. Aktivitas siswa yang dimaksud dalam penelitian ini merupakan tingkah laku siswa selama kegiatan pembelajaran berlangsung, instrumen penilaian yang digunakan yaitu lembar observasi aktivitas siswa. Kecerdasan majemuk adalah suatu teori kecerdasan yang mengakui adanya delapan kecerdasan dalam diri manusia antara lain kecerdasan linguistik, logis-matematis, spasial, kinestetik-tubuh, musikal, interpersonal, intrapersonal, dan naturalis. Dalam penelitian ini digunakan tiga dari delapan macam kecerdasan majemuk antara lain, linguistik, logis-matematis, dan interpersonal. Instrumen penilaian yang digunakan yaitu lembar portofolio dan lembar soal pretest-posttest. Respon siswa adalah tanggapan atau pendapat siswa setelah mengikuti pembelajaran dengan penerapan model pembelajaran kooperatif STAD, instrumen penilaian yang digunakan yaitu lembar angket respon siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pra-eksperimen dengan rancangan One group pretest-posttest design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Keterlaksanaan model pembelajaran kooperatif STAD pada 2 pertemuan tiap fasenya memperoleh persentase 78,5%; 87,5%; 100%; 85,7%; 87,5%; 100; 83,3; dan 83,9%; 75%; 93,7%; 87,5%; 93,7%; 93,7%; 94,4% dengan kategori baik dan sangat baik. (2) Aktivitas siswa yang relevan terhadap pembelajaran memperoleh persentase pada pertemuan 1 dan pertemuan 2 masing-masing sebesar 91,1% dan 93,5%. (3) Kecerdasan linguistik siswa tuntas dengan 100% dari 38 siswa sudah mendapatkan nilai diatas KKM yaitu ≥ 75 dengan kategori sangat baik. (4) Kecerdasan logis-matematis tuntas dengan 89,5% dari 38 siswa telah mendapatkan nilai posttest sesuai KKM yaitu ≥ 75, kecerdasan logis-matematis mengalami peningkatan dibuktikan dengan N-Gain skor siswa yakni 44,7% dari 38 siswa mendapatkan kriteria tinggi dan sebesar 55,3% dari 38 siswa mendapatkan kriteria sedang. (5) Kecerdasan interpersonal tuntas dengan 100% dari 38 siswa mendapatkan skor ≥ 61 pada penilaian antar teman sebaya maupun penilaian pengamat mendapatkan kriteria baik dan sangat baik.
Kata kunci : Kooperatif STAD, kecerdasan majemuk, larutan penyangga
This study aims to determine the quality of the application of the STAD cooperative learning model. The instrument used was the observation sheet for the implementation of the STAD cooperative learning model. Student activities, assessment instruments used are observation sheets of student activities. Multiple intelligencess is a theory of intelligence that recognizes eight intelligences in humans including linguistic, logical-mathematical, spatial, kinesthetic-bodily, musical, interpersonal, intrapersonal, and naturalist intelligence. In this research, three of eight kinds of multiple intelligence are used, among others, linguistic, logical-mathematical, and interpersonal. The assessment instruments used were the experiment report sheet, the pretest-posttest question sheet, the interpersonal assessment sheet between peers and the interpersonal assessment sheet by the observer. This research is a pre-experimental research with One group pretest-posttest design. The results showed that: (1) The implementation of the STAD cooperative learning model at 2 meetings per phase obtained a percentage of 78.5%; 87.5%; 100%; 85.7%; 87.5%; 100; 83.3; and 83.9%; 75%; 93.7%; 87.5%; 93.7%; 93.7%; 94.4% with good and very good categories. (2) Student activities that are relevant to learning get a percentage at meeting 1 and meeting 2 respectively by 91.1% and 93.5%. (3) The linguistic intelligence of students is complete with 100% of 38 students who have scored above the KKM which is ≥ 75 with a very good category. (4) Logical-mathematical intelligence is complete with 89.5% of 38 students have received posttest scores according to KKM yaitu 75, logical-mathematical intelligence has increased as evidenced by the student's N-Gain score of 44.7% of 38 students getting high criteria and by 55.3% of 38 students get medium criteria. (5) Interpersonal intelligence is complete with 100% of 38 students get a score of ≥ 61 in peer-to-peer assessments and observer ratings get good and very good criteria
Keywords : Cooperative STAD, multiple intelligencess, buffer solution.