PENGEMBANGAN BUKU AJAR PEMBELAJARAN KOLINTANG UNTUK EKSTRAKURIKULER SMP DI SURABAYA
THE DEVELOPMENT OF KOLINTANG LEARNING TEACHING BOOK FOR SMP EXTRACURRICULAR IN SURABAYA
ABSTRAK
Yulianto, Nyoman. 2020. Pengembangan Buku Ajar Pembelajaran Kolintang Untuk Ekstrakurikuler SMP di Surabaya.. Tesis, Program Studi S2 Pendidikan Seni Budaya, Program Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing: (I) Dr. Anik Juwariyah, M.Si., dan (II) Prof. Dr. Haris Supratno.
Kata-kata Kunci: Pengembangan Buku Ajar, Pembelajaran Ekstrakurikuler, proses pengembangan, kualitas hasil pengembangan, keefektivan.
Penelitian ini berawal dari keresahan penulis yang diperkuat data dilapangan bahwa belum adanya bahan ajar ekstrakurikuler kolintang. Peneliti yang juga seorang pengajar kolintang melihat permasalahan ini begitu mendesak sehingga harus ada langkah yang dilakukan untuk mengarahkan dan meningkatkan hasil pembelajaran. Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah 1). Mendeskripsikan proses pengembangan 2). Mendeskripsikan kualitas buku ajar yang dikembangkan dan 3). Mendeskripsikan kefektivan buku ajar yang dikembangkan.
Penelitian ini menggunakan metode R & D (research and Development) dari Borg and Gall yang telah dimodifikasi oleh sukmadinata dkk . peneliti memilih metode ini karena telah berhasil mengembangkan buku ajar serupa dan telah diakui efektif. Subjek penelitian ini adalah siswa-siswi anggota Ekstrakurikuler kolintang SMP Islam Al-Azhar 13 Surabaya.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Kualitas Buku ajar ekstrakurikuler kolintang dinyatakan valid, Rata-rata hasil validasi buku ajar Kolintang dinyatakan valid dengan nilai 93%. Berdasarkan hasil pengamatan, yaitu respon siswa mendapatkan skor 89,6%. Respon guru mendapatkan nilai 98%. Pada akhirnya uji coba yang dilakukan terhadap produk buku ajar ini menunjukan angka keberhasilan sebesar 93,33%. Hal ini menunjukkan bahwa pengembangan buku ajar ini telah berhasil dan layak digunakan untuk pembelajaran secara nyata.
ABSTRACT
Yulianto, Nyoman. 2020. Development of Kolintang Textbooks for Junior High School Extracurricular Activities in Surabaya. Thesis, Masters Program in Cultural Arts Education, Postgraduate Program at the State University of Surabaya. Advisor: (I) Dr. Anik Juwariyah, M.Sc., and (II) Prof. Dr. Haris Supratno.
Keywords: Textbook Development, Extracurricular Learning, development process, quality of development results, effectiveness.
This research originated from the writer's concern which was reinforced by the data in the field that there was no extracurricular kolintang teaching material. The researcher who is also a kolintang teacher sees this problem as so urgent that steps must be taken to direct and improve learning outcomes. The objectives of this research are 1). Describe the development process 2). Describing the quality of the textbooks developed and 3). Describe the effectiveness of the textbooks being developed.
This study uses the R & D (research and Development) method from Borg and Gall which has been modified by Sukmadinata et al. researchers chose this method because they have succeeded in developing similar textbooks and have been recognized as effective. The subjects of this study were students of extracurricular kolintang members at Al-Azhar 13 Surabaya Islamic Junior High School.
The results of this study indicate that the quality of Kolintang extracurricular textbooks is declared valid. The average result of the validation of the Kolintang textbooks is declared valid with a value of 93%. Based on the results of observations, namely the student response got a score of 89.6%. The teacher's response got a score of 98%. In the end, the trials conducted on this textbook product showed a success rate of 93.33%. This shows that the development of this textbook has been successful and is worthy of being used for real learning.