Analisis Konsep Matematika pada Lagu Dolanan Jawa sebagai Implementasi Etnomatematika di Sekolah Dasar
Abstrak
Lagu dolanan Jawa memiliki wujud dan irama yang sesuai dengan perkembangan musikalitas anak yang dapat dijadikan sebagai sarana belajar. Pada penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil analisis konsep matematika pada lagu dolanan Jawa dan strategi pembelajaran etnomatematika yang mengintegrasikan matematika dengan lagu dolanan Jawa. Pada penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dan teknik pengumpulan data melalui studi dokumen dan wawancara. Penelitian ini akan menganalisis tiga lagu dolanan Jawa yakni Tokecang, Cublak-Cublak Suweng, dan Lindri. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa terdapat konsep matematika pada lagu dolanan Jawa diantaranya pola dan barisan bilangan pecahan, mengurutkan dan membandingkan pecahan, perkalian bilangan pecahan, pengolahan data berupa modus, dan penyajian data dalam bentuk tabel, diagram batang, dan diagram garis. Menurut pandangan guru, hasil penemuan konsep matematika dapat dijadikan sebagai alternatif media pembelajaran matematika berbasis etnomatematika. Strategi pembelajaran disesuaikan dengan kompetensi dasar dan capaian pembelajaran matematika di sekolah dasar.
Kata kunci: analisis, etnomatematika, lagu dolanan Jawa, media pembelajaran.
Abstract
Javanese children’s songs possess forms and rhythms that align with the musical development of children, making them effective learning tools. This research aims to describe the results of the analysis of mathematical concepts found in Javanese children’s songs and to explore ethnomathematics learning strategies that integrate mathematics with these songs. The research using a qualitative approach, collecting data through document studies and interviews. The study analyzes three Javanese children’s songs: Tokecang, Cublak-Cublak Suweng, and Lindri. The findings indicate that there are mathematical concepts present in these songs, including patterns and sequences of fractional numbers, ordering and comparing fractions, multiplying fraction, data processing in the form of modes, and data presentation in the form of tables, bar charts, and line charts. According to teachers, these findings can serve as an alternative media for teaching mathematics based on ethnomathematics. The learning strategies are adjusted to the basic compentencies anda learning outcomes of mathematics in primary schools.
Keywords: analysis, ethnomathematics, Javanese children's song, learning media.