Abstrak
Dalam mempelajari bahasa, terutama bahasa Jepang tidak dapat lepas dari pembelajaran budaya serta sastranya. Dengan begitu media pembelajaran sastra sangat dibutuhkan untuk menarik minat siswa dalam mempelajari sastra Jepang.
Penelitian ini memiliki dua rumusan masalah, yang pertama yaitu bagaimana proses pengembangan dari media ilustrasi digital untuk memahami latar tempat dan waktu dalam puisi ko-uta. Selanjutnya yaitu bagaimana respon siswa terhadap media ilustrasi digital untuk memahami latar tempat dan waktu dalam puisi ko-uta. Berdasarkan kedua rumusan masalah tersebut penelitian berjudul Pengembangan Media Ilustrasi Digital Untuk Memahami Latar Tempat Dan Waktu Dalam Puisi Ko-uta Little Songs Of The Geisha Karya Liza Dalby ini dilakukan untuk menambah minat dari pembelajar bahasa Jepang serta sebagai media pembelajaran untuk pembelajar bahasa Jepang.
Penelitian dilakukan di SMA Negeri 19 Surabaya pada kelas peminatan bahasa Jepang yaitu kelas XII IPS 3 dengan fasilitas yang memadai. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan. Tahap penelitian meliputi potensi dan masalah dan pengumpulan data yang didapatkan dengan cara menyebarkan angket pra-penelitian di kelas XII IPS 3 dan wawancara tidak terstruktur kepada guru bahasa Jepang di SMA Negeri 19 Surabaya. Data yang digunakan untuk materi media dikumpulkan dari puisi ko-uta Little Songs of The Geisha yang dikelompokkan berdasarkan empat musim. Data tersebut kemudian dianalisis untuk mengetahui latar tempat dan waktu sebagai data yang akan digunakan untuk membuat media ilustrasi digital. Setelah data terkumpul mulai dilakukan tahap pengembangan yaitu, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk di kelas XII IPS 3 SMA Negeri 19 Surabaya dengan menyebarkan angket respon siswa, dan revisi produk sebagai tahap terakhir pengembangan.
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, dari perhitungan skala Likert media ilustrasi digital mendapat persentase sebesar 84% dari angket respon siswa terhadap media ilustrasi digital. Kemudian 84,44% dari validasi ahli media, dan 90% dari ahli materi media. Hal tersebut menunjukkan interpretasi skor yang sangat kuat sehingga media ilustrasi digital ini layak digunakan untuk memahami latar tempat dan waktu dalam puisi ko-uta Little Songs of The Geisha.
Adapun saran yang diberikan dalam melakukan penelitian dan pengembangan media pembelajaran sastra Jepang adalah memperhatikan fasilitas yang mendukung di tempat penelitian, yaitu kelas. Selain itu memberikan kuis dan permainan yang menarik agar siswa tidak bosan di tengah pembelajaran sastra.
Kata Kunci : pengembangan, media ilustrasi digital, latar tempat dan waktu puisi ko-uta.
Abstract
In learning languages, especially Japanese can not be separated from learning culture and literature. That way the media for learning literature is needed to attract students interest in studying Japanese literature.
This research has two problems statements, first is how the development process of digital illustration media to understand the setting of place and time in ko-uta poetry. Next is how the students’s respond to digital illustration media to understand the setting of place and time in ko-uta poetry. Based on the two problem statements, the research entitled Development of Digital Illustration Media For Understanding the Setting of Place and Time in Ko-uta Poetry Little Songs Of The Geisha by Liza Dalby was conducted to increase the interest of Japanese language learners as well as learning media for Japanese language learners.
The study was carried out in Surabaya State High School 19 in the Japanese specialization class, XII IPS 3 with adequate facilities. The research method used in this research is the research and development method. The research phase includes potential and problems and data collection obtained by distributing pre-research questionnaires in class XII IPS 3 and unstructured interviews to Japanese language teachers at Surabaya State High School 19. The data used for media material was collected from the ko-uta poetry of the Little Songs of The Geisha which are grouped by four seasons. The data is then analyzed to determine the setting of place and time as data that will be used to create digital illustration media. After the data has been collected, the product development phase was started by product design, design validation, design revision, test the product in product trials at class XII IPS 3 Surabaya State High School 19 by distributing student response questionnaires, and product revision as the final stage of development phase.
Based on the results of research conducted, from the Likert scale calculation of digital illustration media gets a percentage as 84% of student questionnaire responses to digital illustration media. Then 84.44% of the validation of media experts, and 90% of media material experts. This shows a very strong interpretation of the score so that this digital illustration media is appropriate to be used to understand the setting of place and time in the ko-uta poetry Little Songs of The Geisha.
The advice given in conducting research and development of Japanese literature learning media is to pay attention to supporting facilities at the research site, namely the classroom. Besides giving interesting quizzes and games so that students do not get bored in the middle of learning literature.
Keywords: Media development, Digital Illustration Media, Setting of Place and Time in ko-uta poetry.