Motivasi Berbicara Bahasa Inggris Siswa EFL selama Pandemi COVID-19 di Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris
EFL Students’ English Speaking Motivation during the COVID-19 Pandemic in English Education Major
Motivasi murid merupakan tantangan bagi guru karena dianggap sangat penting untuk aktivitas pembelajaran dan hasil dari pembelajaran murid. Namun, mempertahankan motivasi murid menjadi persoalan besar bagi guru selama pandemi berlangsung. Adanya pandemi memutar balik dunia pendidikan untuk menghindari pembelajaran tatap muka. Hal ini menyebabkan interaksi dan percakapan untuk melatih kemampuan berbicara Bahasa Inggris untuk pelajar bahasa asing berkurang. Penelitian ini bertujuan untuk melihat motivasi berbicara bahasa Inggris pada mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris di Indonesia. 54 mahasiswa dari program studi Pendidikan Bahasa Inggris, Universitas Negeri Surabaya berpartisipasi dalam penilitian ini. Peneliti menggunakan metode kuantitatif untuk mengumpulkan dan mengolah data. Peserta mengisi data dengan 5 poin skala Likert. Data yang didapat kemudian diolah dan dianalisa menggukanan SPSS dan Microsoft Excel untuk mendapat hasil yang akurat. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa kebanyakan mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris mendapat motivasi dari tujuan mereka untuk mendapat pekerjaan yang bai (M = 4.64), untuk lebih berpendidikan dan percaya diri (M = 4.37), untuk keberhasilan program belajar (M = 4.48), dan untuk perkembangan secara professional (M = 4.33). Penelitian ini juga menemukan bahwa peserta tidak mengharapkan imbalan saat melatih kemampuan berbicara mereka, meskipun faktor dari luar medapat mengganggu mereka. Secara keseluruhan, hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa kebanyakan peserta mempunyai motivasi intrinsik dan ekstrinsik di saat yang sama. Adapun lebih banyak peserta ditemukan memiliki motivasi intrinsik daripada motivasi ekstrinsik. Begitupun peserta laki-laki dan perempuan memiliki kecenderungan yang sama dalam hal motivasi.
Keywords: motivasi, berbicara Bahasa Inggris.
Students’ motivation is one of the challenge for teacher as it is deemed essential to students’ learning activity and outcome. However, maintaining it has become a big issue for teachers during the pandemic. As the pandemic has turned the education system into taking different methods to avoid face-to-face learning, interaction and conversation to practice English for EFL learners have reduced. This present study is aimed to see the English-speaking motivation of Indonesian EFL students in English Education major. 54 EFL students from the English education program at the State University of Surabaya participated in this study. Quantitative method was used in order to collect and analyze the data An online questionnaire was distribute through Google Form in order to collect the data. The participants filled the data based on the 5-point Likert scale. The data was analyzed using SPSS and Microsoft Excel to get accurate result. The result of this study shows most students of English Education major are motivated by their goal of getting a good job (M = 4.64), to be better educated and more confident (M = 4.37), for their success in their program study (M = 4.48) and for professional growth (M = 4.33). The research also found that the participants do not except rewards when they practice their English speaking, although external factors can distract them. The overall result shows that the students of English Education major are both intrinsically and extrinsically motivated. In addition, more students are found to be exclusively intrinsic motivated than extrinsic motivated. Similar tendencies are also found in male and female students in terms of their speaking motivation.
Keywords: motivation, speaking English.