PARENTAL SUPPORT TERHADAP KEMANDIRIAN PERSONAL HYGIENE ANAK TUNAGRAHITA
PARENTAL SUPPORT TOWARD PERSONAL HYGIENE INDEPENDENCE OF MENTALLY RETARDED CHILDREN
Personal hygiene sangat penting untuk menjaga kualitas kesehatan seseorang termasuk tunagrahita. Peningkatan kualitas kesehatan dapat dilakukan dengan menjaga kebersihan diri dimulai dari kemampuan mengurus diri dengan baik. Anak tunagrahita memiliki kesulitan dalam merawat diri, hal ini mengakibatkan ketergantungan pada orang lain. Kemandirian personal hygiene anak tunagrahita dapat terbentuk dengan baik apabila mendapat perhatian khusus dari keluarga. Salah satu upaya yang dapat dilakukan oleh orang tua yakni memberikan dukungan pada anak. Parental support dapat membantu anak tunagrahita untuk mampu melakukan kegiatan personal hygiene secara mandiri. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis tentang dukungan orang tua pada kemandirian personal hygiene anak tunagrahita. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah literature review dengan jenis penelitian cross sectional. Analisis data menggunakan pendekatan kuantitatif untuk memecahkan masalah. Bentuk penelitian ini berupa analisa teoritik dikarenakan masa pandemi covid-19 yang tidak memungkinkan untuk mengadakan penelitian di lapangan. Hasil analisis data menunjukkan perubahan yang signifikan antara parental support dan kemandirian personal hygiene dengan perolehan nilai rata-rata sebesar p value 0,01; a=0,05 (p<0,05). Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa parental support dapat mengoptimalkan kemandirian personal hygiene pada anak tunagrahita.
Kata kunci: Parental Support, Kemandirian Personal Hygiene, Tunagrahita
Personal hygiene is very important to maintain the quality of one’s health including mentally retarded children. Improving the quality of health can be done by maintaining personal hygiene starting from the ability to take care of oneself properly. Mentally retarded children have difficulty in taking care of themselves, this matter cause them dependent on others. The personal hygiene’s independence of mentally retarded children can be formed well if they get special attention from the family. One of efforts that parents can do is providing support to their children. Parental support can help mentally retarded children to be able to do personal hygiene’s activities independently. The purpose of this study was to examine the parental support on the personal hygiene independence of children with mental retardation. The method used in this study is a literature review with a cross sectional type of research. Data analysis uses a quantitative approach to solve the problem. The form of this research is in the form of a theoretical analysis due to the COVID-19 pandemic which makes it impossible to conduct research in the field. The results of data analysis showed a significant change between parental support and personal hygiene independence with an average value of p value 0.01; a = 0.05 (p <0.05). Based on these results, it can be concluded that parental support can optimize personal hygiene independence in mentally retarded children.
Keywords: Parental Support, Personal Hygiene Independence, Intellectual Disability