Berbagai kegiatan komunikasi pemasaran dilakukan perusahaan untuk menjalankan promosi suatu barang atau jasa kepada masyarakat. Perusahaan melakukan salah satu kegiatan komunikasi pemasaran melaui komunitas yang dapat membantu dalam menyampaikan informasi, mengurangi biaya promosi dan menambah jaringan relasi, untuk tetap konsisten dalam menjaga loyalitas dan bertahan dalam persaingan. Komunikasi pemasaran melalui komunitas memberikan inovasi baru pada dunia pemasaran. Kegiatan yang dilakukan komunitas berpengaruh pada komponen bauran pemasaran dan bukan sebagai media promosi penjualan. Wardah beauty agent Surabaya adalah komunitas yang di bentuk oleh wardah dan menerapkan komunikasi pemasaran di berbagai kegiatanya. Jenis penelitian menggunakan metode studi kasus. Pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Tujuan dalam penelitian ini mendeskripsikan mengenai komunikasi pemasaran berbasis komunitas berupa pelaksanaan kegiatan yang dilakukan oleh wardah beauty agent. Komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh wardah beauty agent Surabaya dapat dianalisis menggunakan dua konsep yaitu marketing mix (7P) dan PDB (Positioning–Diferensiasi-Brand). Penelitian ini menggunakan dua konsep tersebut untuk mendapatkan hasil penelitian. Dari hasil penelitian ini, wardah beauty agent Surabaya dalam promosi telah melaksanan kegiatan komunikasi pemasaran yakni iklan, pemasaran langsung, humas, promosi penjualan dan event.
Kata Kunci: Komunikasi pemasaran, wardah beauty agent surabaya
Many kinds of marketing communication activities carried out by the company to promote a product or service to the community. The company carry out one of the marketing communication activities on community that can support in deliveringing information, reduce the cost of promotion and increase network relationships, in order to remain consistent in maintaining loyalty and staying in competition. Marketing communication through the community provides new innovations in marketing. Activities that carry out by the community affect the marketing mix component and not as a promotion media. Wardah beauty agent Surabaya is a community formed by wardah and it implements marketing communication in various activities. This research used a case study method. The data were collected through interviews, observation and documentation. The purpose of this research is to describe marketing communication based community in the form of implementation that carried out by wardah beauty agent. Marketing communication carried out by wardah beauty agent Surabaya can be analyzed using two concepts, that are marketing mix (7P) and PDB (Positioning-Differentiation-Brand). This research used these two concepts to get the result in this study. From this research, wardah beauty agent Surabaya in the promotion have carried out marketing communication activities, especially advertising, direct marketing, public relations, sales promotions and events.
Keywords: Marketing communication, wardah beauty agent Surabaya.