Mengekspos Destinasi Wisata Lokal Melalui Tulisan Deskriptif Siswa dengan Menggunakan Pembelajaran Berbasis Proyek
Exposing Local Tourism Destinations through Students’ Descriptive Writing by Using Project-Based Learning
Tamam, Badrut. 2021. Mengekspos Destinasi Wisata Lokal Melalui Tulisan Deskriptif Siswa dengan Menggunakan Pembelajaran Berbasis Proyek. Tesis yang tidak dipublikasikan: Prodi Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra, Program Pasca Sarjana, Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing I: (I) Prof. Slamet Setiawan, M.A., Ph.D., dan Pembimbing II (II) Syafi’ul Anam, Ph.D.
Kata Kunci: Pembelajaran Berbasis Proyek, Penulisan Deskriptif, Integrasi Pariwisata Lokal, Persepsi Guru dan Siswa
Penelitian ini bertujuan untuk menguraikan bagaimana siswa menyusun teks deskriptif tentang destinasi wisata lokal dengan menggunakan pembelajaran berbasis proyek, mengevaluasi produk tulisan deskriptif siswa dengan menggunakan pembelajaran berbasis proyek apakah memenuhi kriteria tulisan yang baik atau tidak, dan untuk mengungkap persepsi guru dan siswa terhadap pelaksanaan pembelajaran berbasis proyek dalam kelas menulis teks deskriptif dengan mengintegrasikan destinasi wisata lokal.
Penelitian ini menggunakan desain penelitian kualitatif dalam bentuk penelitian deskriptif. Ini mengamati secara mendalam aktivitas guru dan siswa di dalam kelas dan juga pembelajaran secara virtual pada kelas menulis teks deskriptif dengan menggunakan pembelajaran berbasis proyek yang mengintegrasikan destinasi wisata lokal. Penelitian ini dilaksanakan di salah satu SMK Swasta di Sumenep Madura selama bulan September sampai Oktober 2020. Subjek penelitian ini adalah guru Bahasa Inggris dan siswa kelas X tahun ajaran 2020/2021. Data dalam penelitian ini adalah hasil transkrip dari catatan lapangan, transkrip wawancara, dan dokumen hasil tulisan siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tiga teknik yaitu observasi, wawancara mendalam dan wawancara kelompok terarah, serta dokumentasi.
Temuan penelitian ini adalah: (1) siswa menyusun proyek penulisan deskriptif tentang destinasi pariwisata lokal melalui beberapa tahapan. Tahapannya diawali dengan melakukan brainstorming, membingkai masalah, merancang rencana, melakukan penyelidikan, merumuskan outline, membuat draf, merevisi draf, mendesain layout, mempublikasikan produk akhir, serta melakukan evaluasi dan refleksi. Selain itu, PBL dengan mengintegrasikan pariwisata lokal merupakan model inovatif yang berhasil memberdayakan siswa dalam berpikir kritis, kreativitas, kolaborasi, dan komunikasi. (2) Produk hasil karya siswa dapat dikualifikasikan sebagai karya yang baik. Itu dinilai melalui beberapa indikator: konten, struktur penulisan, tata bahasa, kosakata, mekanika, dan tata letak. (3) Guru memandang bahwa pembelajaran berbasis proyek dengan integrasi pariwisata lokal merupakan cara inovatif dalam pengajaran bahasa Inggris agar siswa tertarik pada kegiatan pembelajaran. Demikian pula siswa merasa senang, antusias, termotivasi, dan puas dengan pelaksanaan pembelajaran berbasis proyek dengan mengintegrasi pariwisata lokal dalam kegiatan menulis deskriptif. Mereka beranggapan bahwa mereka mendapat banyak pengalaman dalam lingkungan belajar kooperatif, mendapat pengetahuan baru, dan mengenali latar belakang budaya lokalnya lebih dalam. Penelitian lebih lanjut dengan jenis teks yang lain, keterampilan lain, atau pada jenjang siswa yang lainnya sangat direkomendasikan.
Tamam, Badrut. 2021. Exposing Local Tourism Destinations through Students’ Descriptive Writing by Using Project-Based Learning. Unpublished thesis: The Degree of Magister in the Education of Language and Literature, Post Graduate Program, State University of Surabaya. First advisor: (I) Prof. Slamet Setiawan, M.A., Ph.D., and second advisor (II) Syafi’ul Anam, Ph.D.
Keywords: Project-Based Learning, Descriptive Writing, Local Tourism Integration, Teacher’s and Students’ Perception
This Study is aimed to elaborate on how the students compose the descriptive writing of local tourism destinations by using project-based learning, to evaluate the students’ descriptive writing product by using project-based learning whether it meets the criteria of good writing or not, and to reveal the teacher’s and the students’ perception towards the implementation of project-based learning in descriptive writing class with local tourism integration.
This study employs a qualitative research design in term of descriptive study. It observes deeply on teacher and students activities in the classroom and virtual teaching and learning of descriptive writing class by using project-based learning with local tourism integration. This study is conducted in one of the private vocational school in Sumenep Madura throughout September to October 2020. The subject of the study is the English teacher and the tenth grade students in the academic year 2020/2021. The data of this study are the observation field-notes transcription, interview transcripts, and documents of students writing product. In order to collect data, there are three techniques used such as observation, in-dept interview and focus group interview, and documentations.
The findings of the study are: (1) the students composed the descriptive writing project of local tourism destinations through some steps. The steps are preceded by joining brainstorming, framing the problem, designing plans, sustaining inquiry, formulating the outline, making the draft, revising the draft, designing the layout, publishing the final product, and making the evaluation and reflection. Furthermore, PBL with local tourism integration is an innovative model that successfully empowers students’ critical thinking skill, creativity, collaboration, and communication skill. (2) The students’ writing products could be qualified as good works. It had been assessed through some indicators: content, generic structure, grammar, vocabulary, mechanics, and the layout. (3) The teacher perceived that project-based learning with local tourism integration is an innovative way of teaching English to make the students interested in learning activities. Similarly, the students felt happy, enthusiastic, motivated, and satisfied with the implementation of project-based learning with local tourism integration in descriptive writing activities. They assumed that they got a lot of experiences of cooperative learning environment, got new knowledge, and recognized their local cultural background deeper. In addition, the further studies with other kinds of text, other skills, or other student level are probably recommended.