Kemampuan mengenal warna menjadi dasar dalam kegiatan pembelajaran kesenian dan keterampilan untuk dapat meningkatkan daya kreatifitas dan imainasi anak. Maka dari itu pemahaman warna sangat penting untuk diketahui terutama bagi anak tunagrahita. Kemampuan konsep warna memiliki pengaruh dalam perkembangan kognitif, sebab dalam proses pembelajaran yang dilakukan dapat merangsang kemampuan indera penglihatan dan mengembangkan neuron yang ada didalam otak. Maka, dalam penelitian ini bertujuan untuk mengkaji ada tidaknya pengaruh Aplikasi Learning Colors berbasis android terhadap kemampuan mengenal warna anak tunagrahita di SLB Al-Azhar Waru Sidoarjo.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis pre-eksperimen dengan rancangan penelitian “one group pre test post test design”. Subjek pada penelitian ini yaitu anak tunagrahita dari kelas 1 dan 2 dengan jumlah 7 orang.
Hasil akhir dari penelitian ini menunjukkan adanya pegaruh dalam aplikasi learning colors berbasis android terhadap kemampuan mengenal warna anak tunagrahita di SLB Al-Azhar Waru Sidoarjo. Hasil tersebut didukung dengan hasil dari penelitian yang dilakukan sebelum diberikan treatment yaitu 52,85 dan setelah diberikannya treatment aplikasi learing colors berbasis android meningkat menjadi 81,42. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa T (Jenjang Kecil) = 0 lebih kecil sama dengan nilai krisisi Tα (tabel) 5% = 2 berarti T ≤ Tα.
Kata Kunci : Aplikasi learning colors, Warna, Tunagrahita
The ability to recognize color is the basis for art learning activities and skills to be able to increase children's creativity and imagination. So from that explanation of the colors is very important to know, especially for children with mental retardation. The ability of the concept of colors has an influence on cognitive development, because in the learning process carried out can stimulate the sensory ability of vision and develop neurons in the brain. So, in this study aims to examine the presence or absence of the influence of Learning Colors Applcation based on Android for the ability to recognize the colors on children with mental retardation at SLB Al-Azhar Waru Sidoarjo.
This study uses a quantitative type pre-experimental approach with a research design “one group pre-test posttest design”. The subjects in this study were children with mentall retardation from grades 1 and 2 with a total of 7 people.
The final results of this study indicate the influence of the learning colors applications based on android with the ability to recognize the colors of children with mental retardation at SLB Al-Azhar Waru Sidoarjo. These results are supported by the results of the research carried out before being given treatment, namely 52.85 and after giving treatment the learing colors application based on android increased to 81.42. The results also show that T (Small Level) = 0 is smaller in the same way as the value of Tα (table) 5% = 2 means T ≤ Tα.
Keywords: Application of Learning colors, colors, mental retardation