PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SIMULATOR MESIN BUBUT 1K62 TERHADAP HASIL BELAJAR DAN RESPON SISWA PADA MATA PELAJARAN PEMESINAN TEKNIK MESIN BUBUT
THE INFLUENCE OF USE OF 1K62 LATHE MACHINE SIMULATOR MEDIA ON LEARNING OUTCOMES AND STUDENT RESPONSES IN THE MACHINERY ENGINEERING SUBJECT
Perkembangan teknologi dalam dunia pendidikan sudah sangat pesat. Seperti penggunaan simulator pada pembelajaran mata pelajaran pemesinan teknik mesin bubut yang diharap efisien karena fungsinya sama seperti aslinya. Simulator digunakan untuk menggambarkan suatu situasi yang mirip dengan situasi yang sebenarnya.
Metode eksperimen yang digunakan adalah kuantitatif menggunakan metode Quasi Experiment Design tipe Pretest-Posttest Control Group Design. Tujuan dari penelitian ini yaitu mengetahui hasil belajar siswa kelas XI TPM 2 di mata pelajaran pemesinan teknik mesin bubut setelah menggunakan media simulator mesin bubut 1K62.
Hasil penelitian dengan paired samples t test menunjukkan bahwa nilai sig. < 0,05. Maka, media simulator mesin bubut 1K62 berpengaruh terhadap hasil belajar siswa, hal itu karena adanya keunggulan yang terdapat pada media simulator tersebut yaitu memiliki kesamaan dengan mesin bubut sebenarnya, mulai dari bagian-bagian hingga cara kerja mesin bubut. Sehingga, media tersebut efektif untuk digunakan dalam proses pembelajaran.
Kata kunci: Simulator, Hasil Belajar, Respon.