VALIDITY OF LEARNING MEDIA IN REACTION RATE MATTER
VALIDITAS MEDIA PEMBELAJARAN DALAM MASALAH NILAI REAKSI
Ahlan Riwahyu Habibi1, Rudiana Agustini2
1Pendidikan Kimia, Fakultas Matermatika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Surabaya
2Pendidikan Kimia, Fakultas Matermatika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Surabaya
E-mail: rudianaagustini@unesa.ac.id
Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas media pembelajaran pada materi laju reaksi. Jenis metode penelitian yang digunakan adalah ADDIE (Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi). Namun, dalam penelitian ini terbatas pada langkah Pengembangan. Uji validitas dilakukan oleh dosen kimia dari Unesa dengan mengisi kuesioner. Validitas media pembelajaran dapat dinilai dari validitas konstruk dan validitas konten. Berdasarkan hasil validasi, rata-rata skor validitas konstruk adalah 4,39 yang dikategorikan sangat baik. Rata-rata skor validitas konten adalah 4,14 yang dikategorikan baik. Berdasarkan hasil validasi, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran dinyatakan dapat digunakan sebagai laju reaksi media pembelajaran.
Kata kunci: Media pembelajaran, Validitas, Orde reaksi
Abstract. This research aimed at knowing the validity of learning media in reaction rate matter. The type of research method that is used is ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation.) But, in this research is limited to the Development step. The validity test was conducted by a chemistry lecturer from Unesa by filled the questionnaire. The validity of learning media can be scored from construct validity and content validity. Based on the validation result, the construct validity score average is 4.39 which is categorized into very good. The content validity score average is 4.14 which is categorized into good. Based on the validation result, it can be concluded that the learning media was declared to be used as the reaction rate of learning media.
Keywords: Learning media, The validity, Reaction rate