ABSTRAK
Tujuan penelitian pengembangan ini adalah (1) untuk mengembangkan media CAI (Computer Assisted Instruction) yang layak pada Materi Sistem Pernapasan Pada Manusia Mata Pelajaran IPA di SMPN 33 Surabaya. (2) untuk mengetahui tingkat keefektifan media CAI (Computer Assisted Instruction) pada Materi Sistem Pernapasan Pada Manusia Mata Pelajaran IPA di SMPN 33 Surabaya. Produk yang dikembangkan merupakan Media CAI (Computer Assisted Instruction) yang menggunakan model Drills and practice disertai Bahan penyerta serta RPP yang bermedia CAI. Media CAI ini dikemas menarik dalam sebuah CD sehingga mudah digunakan dan disimpan kembali. Model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE. Pengumpulan data menggunakan wawancara terstruktur, angket dan tes untuk mengetahui tingkat kelayakan dan tingkat keefektifan media CAI yang dikembangkan pada pembelajaran terkait. Teknik analisis data pada penelitian pengembangan ini menggunakan dua kali Uji t.
Dari analisis data penelitian maka telah diperoleh antara lain, hasil uji kelayakan media yang didapatkan dari ahli materi dan ahli media, serta uji coba yang diterapkan pada kelompok siswa yaitu perorangan, kelompok kecil dan kelompok besar mendapatkan persentasi sangat baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media CAI layak digunakan dalam pembelajaran materi Sistem Pernapasan Manusia di SMPN 33 Surabaya. Pada hasil analisis Uji t yang pertama dalam menguji hasil pre-test kelas kontrol dan eksperimen maka didapatkan t hitung lebih kecil dari t tabel yaitu (1,675 < 1,994). Sedangkan pada hasil analisis Uji t kedua yang menguji hasil post-test mendapatkan t hitung lebih besar dari t tabel yaitu (3,817 > 1,994). Sehingga mendapatkan kesimpulan bahwa media CAI yang dikembangkan efektif diterapkan dalam pembelajaran materi Sistem Pernapasan Pada Manusia mata pelajaran IPA di SMPN 33 Surabaya.
Kata kunci: Media, CAI (Computer Assisted Instruction), Sistem Pernapasan Pada Manusia
ABSTRACT
The purpose of the development research was (1) developed CAI (Computer Assisted Instructional) media that feasible on Respiratory System In Humans for IPA lesson at 33 Junior High School Surabaya (2) known the effective of using CAI (Computer Assisted Instructional) media to the student learning result on Respiratory System In Humans for IPA lesson at 33 Junior High School Surabaya. ADDIE model was the development model that used by this research. Data collections using structured interviews, questionnaires and tests to determine the level of eligibility and effectiveness of CAI media develop in related learning. Data analysis technique in this development reasearch use T-test.
Based on data analysis, the results of CAI media feasibility test on material experts I and II, media experts I and II, and the experiments applied to the group of students can be categorized very well. It is concluded that the CAI (Computer Assisted Instructional) material of Respiratory System In Humans for IPA has been feasible to be applied to the learning process. While the results of the first t test analysis test the pretest results of two groups, obtained t count smaller than t table that is 1,675 <1.994 so it can be concluded that there is no significant difference between the results of pretest control class and pretest result of the experimental class. Furthermore the results of the second t test analysis that tested the post test results of two groups, obtained t arithmetic greater than t table ie 3,817> 1.994. So it can be concluded that the media CAI (Computer Assisted Instruction) effectively applied to learning materials Respiratory System In Humans for IPA subjects.
Keyword: Media, CAI (Computer Assisted Instruction), Respiratory System In Humans