Pengaruh Atribut Dining Experience terhadap Kepuasan Pelanggan pada Kebun Coklat Cafe & Resto Balongbendo
The Effect of Dining Experience Attributes on Customer Satisfaction at Kebun Coklat Cafe & Resto Balongbendo
Tujuan analisis ini untuk mengetahui pengaruh atribut dining experience terhadap kepuasan pelanggan Kebun Coklat pada Cafe & Resto Balongbendo. Jenis penelitian ini yaitu kuantitatif deskriptif, dengan menggunakan teknik non-probability sampling. Sampel yang digunakan adalah sebanyak 147 responden. Metode yang digunakan yakni purposive sampling. Karakteristik pada penelitian ini adalah pelanggan yang sudah melakukan pembelian minimal 2 kali dan usia 15-55 tahun. Teknik analisis pada penelitian ini adalah Path Analysis dengan bantuan SPSS 25. Hasil penelitian ini menunjukkan kualitas makanan berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan pelanggan dengan koefisien 0,256. Kualitas pelayanan berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan pelanggan dengan koefisien 0,237. Lingkungan fisik berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan pelanggan dengan koefisien 0,246. Sedangkan secara simultan atribut dining experience yang terdiri dari kualitas makanan, kualitas pelayanan, dan lingkungan fisik berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan dengan koefisien 0,05.
Kata Kunci: Kualitas makanan, Kualitas Pelayanan, Lingkungan Fisik, Kepuasan Pelanggan
The purpose of this analysis is to determine the effect of dining experience attributes on customer satisfaction at Kebun Coklat Cafe & Resto Balongbendo. This type of research is descriptive quantitative, using non-probability sampling techniques. The sample used to be 147 respondents. The method used is purposive sampling. The characteristics of this study are customers who have made purchases at least 2 times and are aged 15-55 years. The analysis technique in this study is path analysis with the help of SPSS 25. The results of this study indicate the quality of food that affects customer satisfaction with a coefficient of 0.256. Service quality has a significant effect on customer satisfaction with a coefficient of 0.237. The physical environment has a significant effect on customer satisfaction with a coefficient of 0.246. Meanwhile, simultaneously, the eating experience attributes which consist of food quality, service quality, and environment have an effect on customer satisfaction with a coefficient of 0.05.
Keywords: Food Quality, Service Quality, Physical Environment, Customer Satisfaction