ABSTRAK
PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA MACROMEDIA FLASH DALAM PENYUSUNAN KALIMAT SEDERHANA BAHASA MANDARIN PADA SISWA KELAS X BAHASA SMA NEGERI 1 DRIYOREJO
Nama Mahasiswa : Ditra Walujeng Pratama
NIM : 12020774228
Prodi : S1 Pendidikan Bahasa Mandarin
Jurusan : Bahasa dan Sastra Mandarin
Fakultas : Bahasa dan Seni
Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya
Pembimbing : Dr. Urip Zaenal Fanani, M.Pd
Tahun : 2019
Kata kunci: Media Pembelajaran, Macromedia Flash, Kalimat Bahasa Mandarin
Dalam pembelajaraan bahasa Mandarin di SMA Negeri 1 Driyorejo Gresik, mengalami kesulitan dalam penyusunan kalimat bahasa Mandarin. Oleh karena itu, perlu adanya peran guru yaitu membantu, membimbing, mengembangkan serta meningkatkan keterampilan yang siswa butuhkan dalam penyusunan kalimat bahasa Mandarin. Agar pembelajaran dapat berjalan dengan baik perlu adanya media dalam mengajar. Salah satu media yang dapat digunakan adalah media Macromedia Flash yang dapat digunakan dengan mudah dalam pembelajaran.
Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan, 1) proses pembelajaran penggunaan media Macromedia Flash dalam penyusunan kalimat sederhana bahasa Mandarin pada siswa kelas X Bahasa SMA Negeri 1 Driyorejo. 2) pengaruh penggunaan media Macromedia Flash dalam Penyusunan kalimat sederhana bahasa Mandarin pada siswa kelas X Bahasa SMA Negeri 1 Driyorejo. 3) respon siswa terhadap penggunaan media Macromedia Flash dalam penyusunan kalimat sederhana bahasa Mandarin pada siswa kelas X Bahasa SMA Negeri 1 Driyorejo.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan metode kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X Bahasa SMA 1 Driyorejo. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan teknik observasi, tes, dan angket. Hasil observasi berdasarkan perhitungan skor skala Likert menunjukan kategori sangat baik. Aktivitas guru pada pertemuan pertama dengan skor 84,32%, dan pada aktivitas guru pertemuan kedua dengan skor 86,79%.
Hasil observasi menunjukkan bahwa proses pembelajran bahasa Mandarin sudah berjalan dengan baik. Berdasarkan hasil data pada lembar observasi guru dan siswa pertemuan pertama dan pertemuan kedua didapat hasil yang sangat baik. Pada pertemuan pertama diperoleh hasil 84,23% dan pertemuan kedua 89,67% sedangkan untuk hasil observasi aktivitas siswa diperoleh hasil 83,6% dan 90%. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa proses pembelajaran pada kelas X Bahasa SMA Negeri 1 Driyorejo berlangsung sangat baik.
Hasil penelitian dengan menggunakan media Macromedia Flash dapat diketahui hasil analisis data yang dilakukan, diperoeh = 4,62 dan = 40 selanjutnya dikonsultasikan dengan melihat nilai tabel taraf 5% dengan harga = 4,62 dan = 40, maka diketahui bahwa harga = 2,02 menunjukkan t lebih besar dari t tabel (4,62>2,01). Harga signifikan. Dengan demikian analisis data hasil beajar siswa terbukti bahwa terdapat adanya perbedaan yang signifikansi antara penyusunan kalimat sederhana bahasa Mandarin menggunakan media Macromedia Flash dengan hanya berceramah. Berdasarkan hasil angket pengguanaan media Macromedia Flash pada kelas eksperimen bahwa 90% siswa dapat mempermudah menguasai kosakata bahasa Mandarin, sebanyak 92% penggunaan media Macromedia Flash dapat meningkatkan motivasi belajar bahasa Mandarin.
Penggunaan media Macromedia Flash dapat mempermudah dalam penyusunan kalimat bahasa Mandarin. Berdasarkan hasil angket respon siswa mendapatkan respon positif dari 25 siswa kelas X Bahasa SMA Negeri 1 Driyorejo dengan menggunakan media Macromedia Flash. Hal ini dibuktikan dengan hasil nilai presentase pada setiap aspek pada angket respon siswa yaitu pada aspek pemahaman materi diperoleh sebesar 91%,91%,dan 94%, aspek proses pembelajaran diperoleh sebesar 91%, 94%, dan 88%, aspek hasil penggunaan media Macromedia Flash terhadap penyusunan kalimat sederhana bahasa Mandarin diperoleh sebesar 90%,93%,88%,83%.
ABSTRACT
THE EFFECT OF MEDIA USE MACROMEDIA FLASH IN SMA NEGERI 1 DRIYOREJO FOR PREPARING THE SIMPLE SENTENCE OF MANDARIN LANGUAGES
Student Name : Ditra Walujeng Pratama
Study Program : Bachelor of Mandarin Language Education
Department : Mandarin Language and Literature
Faculty : Language and Art
Name of Institution : State University of Surabaya
Advisor : Dr. Urip Zaenal Fanani, M.Pd
Year : 2019
Keywords: Learning Media, Macromedia Flash, Mandarin Sentences
In learning Chinese in Driyorejo Gresik 1 Public High School, there are difficulties in compiling Chinese sentences. Therefore, there is a need for a teacher's role to help, guide, develop and improve the skills students need in preparing Chinese sentences. In order for learning to work well there is a need for media to teach. One of the media that can be used is Macromedia Flash media which can be used easily in learning.
The purpose of this study is to describe, 1) the learning process of using Macromedia Flash media in the preparation of simple Chinese sentences in class X students of Driyorejo 1 Public High School. 2) the influence of Macromedia Flash media usage in the preparation of simple Chinese sentences in class X students of Driyorejo 1 Public High School. 3) students' responses to the use of Macromedia Flash media in compiling simple Chinese sentences in class X students of Driyorejo 1 Public High School.
This research is an experimental research using quantitative methods. The sample in this study was the class X Language of Driyorejo 1 High School. This study uses data collection techniques with observation techniques, tests, and questionnaires. The results of the observation based on the calculation of the Likert scale score showed a very good category. The teacher's activity at the first meeting was 84.32%, and the teacher's activity in the second meeting was 86.79%.
The results of the observation indicate that the process of learning Chinese has gone well. Based on the results of the data on the teacher and student observation sheet the first meeting and the second meeting obtained very good results. At the first meeting the results were 84.23% and the second meeting was 89.67% while the results of the observations of students' activities obtained 83.6% and 90% results. From these results it can be concluded that the learning process in the class X Language of Driyorejo 1 Public High School took place very well.
The results of the study using Macromedia Flash media can be seen from the results of data analysis performed, obtained by t_0 = 4.62 and d_b = 40 then consulted by looking at the table value level 5% with prices t_0 = 4.62 and d_b = 40, it is known that the price t_s = 2.02 shows t greater than t table (4.62> 2.01). Price t_0 is significant. Thus the analysis of student learning data proved that there was a significant difference between the preparation of simple Chinese sentences using Macromedia Flash media by only lecturing. Based on the results of the use of Macromedia Flash media questionnaire in the experimental class that 90% of students can simplify mastering Chinese vocabulary, as much as 92% of Macromedia Flash media usage can increase motivation to learn Mandarin.
The use of Macromedia Flash media can simplify the preparation of Chinese sentences. Based on the results of the questionnaire response students get a positive response from 25 students of Class X Language of Driyorejo 1 Public High School using Macromedia Flash media. This is evidenced by the results of the percentage values in each aspect of the student response questionnaire, namely the aspects of material understanding obtained by 91%, 91%, and 94%, aspects of the learning process were obtained at 91%, 94%, and 88%, aspects of the results of media use Macromedia Flash for compiling simple Chinese sentences is obtained at 90%, 93%, 88%, 83%.