PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN IPA MATERI SIKLUS AIR PADA PESERTA DIDIK KELAS V SEKOLAH DASAR
THE DEVELOPMENT OF NATURAL SCIENCE VIDEO MEDIA LEARNING WATER CYCLE MATERIALS ON FIFTH GRADE ELEMENTARY SCHOOL STUDENTS
Penggunaan media video pembelajaran pada kondisi pandemi Covid-19 dapat digunakan dalam proses kegiatan pembelajaran Online dengan menggunakan aplikasi Google meet. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengembangkan media video pembelajaran yang digunakan dalam proses kegiatan pembelajaran IPA materi siklus air pada peserta didik Kelas V SD. Kelayakan media dilihat dari kevalidan, kepraktisan dan keefektifan. Metode penelitian yang digunakan yaitu model pengembangan dengan pendekatan ADDIE. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode validasi, angket tanggapan pendidik dan peserta didik serta lembar pretest dan posttest yang digunakan pada uji coba skala terbatas dengan 17 peserta didik Kelas V SDN Barengkrajan I. Hasil uji validasi media memperoleh nilai persentase 96% dan validasi materi 82% yang termasuk pada kategori sangat valid. Kepraktisan media diperoleh dengan berdasarkan pada angket tanggapan pendidik dengan hasil nilai persentase 100% dan peserta didik 92,94% yang termasuk pada kategori sangat praktis. Media video pembelajaran efektif digunakan berdasarkan pada hasil ketuntasan belajar peserta didik dengan hasil nilai persentase 94,11% dan nilai rata-rata peningkatan belajar 0,59 yang termasuk pada kategori sedang. Sehingga, media video pembelajaran IPA materi siklus air layak digunakan untuk meningkatkan pemahaman dan hasil belajar peserta didik.
Kata Kunci: pengembangan media, media video pembelajaran, siklus air
The use of the learning video media on the covid 19 pandemic condition can be used in the online learning activity process using the Google Meet app. The purpose of this study is to develop the learning video media that is used in the water cycle science study process on 5th grade elementary school students. Media worthiness is seen from validity, practicality and effectiveness. The research method used is a development model with an ADDIE approach. Data collection technique is conducted by using the methods of validation, the responses of educators and students pretest and posttest sheets used in a limited scale test with 17 elementary school students of fifth grade in SDN Barengkrajan I. The results of the media validation test get 96% percentage and 82% of materials validation in the highly valid category. The media practicality is based on the response of educators 100% percentage and 92,94% the students fall into the highly practical category. The effective learning video media is used based on the students performance learned with a percentage of 94,11% and an average value of learning 0,59 in the moderate category. So, it is able to be concluded that natural science learning video media in the water cycle material is able to be used to improve the understanding and the result of the students learning of it.
Keywords: media development, learning video media, water cycle