Kesalahan merupakan hal yang wajar dilakukan manusia. Namun, jika kesalahan yang dilakukan cukup banyak dan berkelanjutan, maka perlu penanganan. Demikian pula dalam pembelajaran matematika. Banyak jenis kesalahan yang mungkin dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal matematika. Penyebab siswa melakukan kesalahan tersebut juga dipengaruhi oleh banyak hal. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan jenis kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal barisan dan deret dan faktor penyebab siswa melakukan kesalahan tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif dengan metode tes dan wawancara. Subjek penelitian ini adalah tiga siswa kelas VIII SMP AL AZHAR Menganti yang melakukan kesalahan terbanyak dalam tes diagnostik.
Hasil penelitian menunjukan jenis kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal barisan dan deret adalah pertama, kesalahan konsep berupa salah dalam memahami apa yang dimaksud dengan barisan aritmetika dan geometri, tertukar antara barisan dan deret sehingga terjadi kesalahan rumus. Kedua, kesalahan prosedur berupa salah dalam menentukan apa yang diketahui dan ditanyakan oleh soal, salah menentukan langkah penyelesaian terutama ketika menggunakan operasi hitung aljabar. Ketiga, kesalahan perhitungan berupa kesalahan dalam memperoleh hasil akhir seperti salah menghitung pangkat pada soal tentang barisan geometri dan operasi hitung lain. Faktor penyebab kesalahan tersebut adalah faktor kognitif berupa siswa tidak menguasai materi prasyarat, kurangnya pemahaman siswa terhadap materi barisan dan deret bilangan. Selain faktor kognitif, juga ada faktor non kognitif yaitu siswa tidak suka pelajaran matematika, kurangnya konsentrasi ketika mengerjakan soal, siswa tidak memeriksa kembali jawaban mereka setelah selesai, serta mudah melupakan apa yang telah dipelajari.
Kata kunci: Analisis, Kesalahan, Barisan dan Deret Bilangan
Errors are a natural thing for humans to make. However, if errors are made quite a lot and continuously, a handling measure is deemed necessary. This also applies in learning mathematics. There are quite many types of errors that might be made by students in solving math problems. The cause of students making errors is influenced by many things. The purpose of this study is to describe the types of errors made by students in solving sequence and series problems and the factors that cause students to make these mistakes. This is a descriptive study with a qualitative approach conducted using test and interview methods. The subjects of this study were three students of class VIII SMP AL AZHAR Menganti who made the most errors in diagnostic tests.
The results showed three types of errors made by the students in solving sequence and series problems. The first type is conceptual error in the form of incorrect understanding on arithmetic and geometric sequences, as well as confusion in differentiating between sequence and series, which leads to incorrect formula. The second type is procedural error in the form of incorrect determination of the information and question provided in the problem and incorrect steps of solving, particularly in algebraic arithmetic operations. The third one is error in obtaining the final result, such as incorrect calculation of powers of number in the problems of geometric sequence and other arithmetic operations. One of the factors causing these errors is cognitive factors; i.e. the lack of ability in prerequisite materials, the lack of students’ understanding on sequence and series. Another factor is non-cognitive factor, i.e. students’ lack of interest in learning mathematics, the lack of concentration in solving the problem, students’ reluctance to re-check their answer after solving the problem, and students’ tendency to forget the materials they have learned
Keywords: Analysis, Errors, Sequence and Series of Numbers.