ABSTRAK
PENERAPAN
MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN CARA BER P IKIR KRITIS SISWA DALAM PEMBELAJARAN SARANA DAN
PRASARANA KELAS XI APK 3 SMK NEGERI 1
SURABAYA
Nama : Moch Richy Cahya Putra
NIM : 13080314058
Program
Studi : S1 Pendidikan Ekonomi
Jurusan : Pendidikan Administrasi Perkantoran
Fakultas : Ekonomi
Institusi : Universitas
Negeri Surabaya
Pembimbing : Siti Sri Wulandari, S.Pd., M.Pd
Pembelajaran berbasis masalah
dapat digunakan untuk meningkatkan cara berfikir yang lebih tinggi dalam
situasi yang berorientasi pada masalah . Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
peningkatan aktivitas siswa dalam penerapan problem based learning (PBL) dan kemampuan berfikir kritis
siswa pada mata pelajaran sarana dan prasarana kelas APK 3 XI di SMKN 1
Surabaya.
P enelitian
ini merupakan penelitian tindakan kelas . Subjek dari penelitian ini adalah Kelas
APK 3 XI SMK Negeri 1 Surabaya yang terdiri dari 32 siswa .
Hasil penelitian menunjukkan bahwa a ktivitas guru
dalam penerapan problem based learning
ada peningkatan
antara siklus I dan siklus II, dari 55% menjadi 78% atau meningkat 29,48%. Penerapan Model
Pembelajaran Berbasis
Masalah (Problem Based Learning ) dapat meningkatkan hasil
belajar siswa pada pembelajaran Sarana dan
Prasarana dengan kenaikan presentase menjadi 88 % . Kemampuan berpikir kritis
siswa mengalami peningkatan menjadi 81 % ( kritis ) .
Kata Kunci: Problem Based Learning , Berfikir
Kritis , Penelitian
Tindakan Kelas .