Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keefektifan pembelajaran fisika dengan model diskusi beach ball dalam mereduksi miskonsepsi siswa SMA. Penelitian ini adalah pre-eksperimen dengan one group pre-test and post-test design. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI MIA 6 dan XI MIA 7 SMA Negeri 2 Lamongan, Indonesia. Sebelum dilakukan pengajaran, siswa diberikan tes diagnostik miskonsepsi berformat three-tier test, untuk mengelompokkan siswa yang mengalami miskonsepsi dari siswa yang paham konsep. Kelompok siswa yang mengalami miskonsepsi kemudian diberikan pembelajaran fisika dengan model diskusi beach ball. Sesudah pembelajaran selesai, siswa kembali diberikan tes diagnostik miskonsepsi yang sama. Data yang telah terkumpul dianalisis secara diskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran diskusi beach ball efektif dalam mereduksi miskonsepsi siswa yang ditunjukkan oleh : (1) adanya penurunan jumlah miskonsepsi yang dialami tiap siswa dengan rata-rata penurunan 85,6% di kelas XI MIA 6 dan 83,7% di kelas XI MIA 7, (2) penurunan jumlah siswa yang mengalami miskonsepsi pada setiap konsep dengan rata-rata 86,3% di kelas XI MIA 6 dan 78,9% di kelas XI MIA 7, dan (3) respon siswa positif terhadap pembelajaran diskusi beach ball yang dilakukan.
Kata Kunci: Diksusi, Beach Ball, Mereduksi Miskonsepsi, Pembelajaran Fisika, Siswa SMA
This research’s aim was to analyze the effectiveness of physics’s instructions with beach ball discussion model of learning in reducing high school student misconceptions. This research is an pre-experimental with one group pre-test and post-test design. The subject of this research is student of XI MIA 6 and XI MIA 7, SMA N 2 Lamongan, Indonesia. Before the instructions, student was given three-tier formated diagnostic test of misconception, to clasify student who got misconception with the other who had understand concept correctly. Group of student who got misconceptions was then given physics instructions with beach ball discussion model. After the instructions, student was give the same diagnostic test of misconception. Collected data was analized descriptive qualitatively. Result of this research state that physics’s instructions with beach ball discussion model of learning was effective in reducing high school student misconceptions that shown by L (1) the average reducing of student misconceptions was 85,6% in XI MIA 6 and 83,7% in XI MIA 7, (2) the average reducing in number of student who was got misconception on every concept was 86,3% in XI MIA 6 and 78,9% in XI MIA 7, and (3) student responses was positive toward the instructions.
Keywords: Discussion, Beach Ball, Reducing Misconceptions, Physics Instruction, High School Student