RESPON DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PENERAPAN PEMBELAJARAN GOOGLE CLASSROOM BERBASIS E-MODUL PADA PRAKTIKUM MATA PELAJARAN TEKNIK PENGUKURAN TANAH
STUDENT LEARNING RESPONSES AND OUTCOMES ON THE APPLICATION OF E-MODULE-BASED GOOGLE CLASSROOM LEARNING ON THE PRACTICUM OF GROUND MEASUREMENT ENGINEERING SUBJECTS
Dalam kondisi saat ini yang membutuhkan social distancing, pembelajaran tatap muka tidak bisa dilakukan. Maka dari itu, pendidik harus menggunakan model dan media pembelajaran yang efektif, terutama untuk mata pelajaran yang menuntut siswa melakukan praktikum di lapangan. Pendidik harus memfasilitasi penyampaian materi praktikum secara online dengan menggunakan media yang fleksibel untuk dapat dipahami oleh siswa.
Platform google classroom berbasis e-modul dapat menjadi alternatif terbaik untuk menyampaikan langkah-langkah praktikum secara mendetail. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pembelajaran, hasil, dan respon peserta didik terhadap e-modul berbasis google classroom. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 3 Boyolangu kelas XI DPIB 2 yang berjumlah 31 siswa. Pengumpulan data dari proses pembelajaran diperoleh dengan observasi kelas, hasil belajar menggunakan tes deskripsi, dan respon siswa diperoleh dengan menggunakan angket.
Hasil validasi perangkat pembelajaran e-modul praktikum yang digunakan adalah 85,58% untuk silabus dan 84% untuk Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang berada pada kategori sangat valid. Sedangkan untuk e-modul 78,67% dan terakhir 78,89% untuk soal post-test masuk dalam kategori valid. Hasil penelitian ini adalah penggunaan e-modul praktikum di SMK Negeri 3 Boyolangu sangat efektif untuk pembelajaran Teknik Pengukuran Tanah, ditandai dengan adanya respon positif dari siswa.
Kata kunci: Google Classroom, E-modul, Respon Siswa
In the current conditions requiring social distancing, direct learning cannot be carried out. Therefore, educators must use effective learning models and media, especially for subjects requiring students to do practical work in the field. The educator must be facilitating the delivery of practicum material online using flexible media is needed to understand.
The e-module based google classroom platform can be the best alternative to convey detailed practicum steps. This study aimed to determine the learning processes, outcomes, and student responses to the e-module-based google classroom. This research was conducted at SMK Negeri 3 Boyolangu in class XI DPIB 2, containing 31 students. Data collection for the learning process was obtained by classroom observation, learning outcomes using a description test, and student responses obtained using a questionnaire.
The validation results of the practicum e-module learning tools used are 85.58% for the syllabus and 84% for the Learning Implementation Plan (RPP), which is in the very valid category. Otherwise, 78.67% for the e-module and the last 78.89% for the post-test questions into the valid category. The result of this research is that the use of practicum e-modules at SMK Negeri 3 Boyolangu is very effective for learning Land Measurement Techniques, signed by there is a positive response from students.
Keywords: Google Classroom, E-modul, Student Responses