STUDENTS’ SPEAKING ANXIETY AND ITS EFFECT ON SPEAKING PERFORMANCE BASED ON THEIR GENDER
Salah satu kemampuan yang harus dikuasai oleh peserta didik adalah berbicara dalam bahasa Inggris. Namun, tidak semua peserta didik memiliki kepercayaan diri dalam berbicara bahasa Inggris di depan banyak orang. Baik peserta didik perempuan maupun laki-laki dapat merasakan kecemasan berbicara yang akan mempengaruhi performa berbicara mereka. Penelitian ini dilakukan pada peserta didik SMA kelas 12. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kecemasan berbicara pada masing-masing gender, hubungan antara kecemasan berbicara dengan performa berbicara, dan faktor-faktor yang mempengaruhi kecemasan berbicara pada masing-masing gender. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan studi korelasi. Peserta didik perempuan terbukti lebih berani berbicara bahasa Inggris daripada peserta didik laki-laki. Selain itu, kecemasan berbicara memiliki hubungan yang sangat tinggi dengan performa berbicara. Artinya, kecemasan berbicara sangat mempengaruhi performa berbicara baik untuk peserta didik perempuan maupun laki-laki. Selain itu, siswa perempuan mengalami speaking anxiety disebabkan oleh test anxiety, sedangkan siswa laki-laki mengalami speaking anxiety disebabkan oleh communication apprehension, test anxiety, dan fear of negative evaluation secara bersamaan.
Kata kunci: Kecemasan berbicara, Tingkat kecemasan, Gender, Penampilan berbicara
One of the skills that must be mastered by students is speaking English. However, not all students have confidence in speaking English in front of many people. Both female and male students can feel speaking anxiety which will affect their speaking performance. This study was conducted on 12th grade high school students. Therefore, the aim of this study is to determine the speaking anxiety level of each gender, the relationship between speaking anxiety and speaking performance, and the factors that influenced speaking anxiety in each gender. This research uses quantitative research with correlation studies. Female students proved to be more confident to speak English than male students. In addition, speaking anxiety has a very high relationship with speaking performance. That means, speaking anxiety greatly affects speaking performance for both female and male students. Furthermore, female students experience speaking anxiety as a result of test anxiety, whereas male students experience speaking anxiety as a result of communication apprehension, test anxiety, and fear of negative evaluation.
Keywords: Speaking anxiety, Anxiety level, Gender, Speaking Performance