DEVELOPMENT OF ALUMINUM METAL WORKING LEARNING MODULE WITH COMPRESSIVE TECHNIQUES IN CLASS X STUDENTS OF SMA NEGERI 1 CERME
SMA Negeri 1 Cerme merupakan salah satu sekolah yang membutuhkan pengayaan materi pembelajaran seni budaya (seni rupa) terutama pada materi berkarya logam. Terbatasnya bahan ajar dalam menyampaikan materi seni rupa, menyebabkan peserta didik mengenal materi seni rupa dua dimensi dengan terbatas. Pada pembelajaran berkarya logam dengan teknik tekan sifatnya konvensional belum dilengkapi dengan modul. Karena permasalahan tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul pembelajaran berkarya logam dengan teknik tekan. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pengembangan (Innovative work) dengan menggunakan rancangan model 4-D yakni pendefinisian (define), Perancangan (dasain), Pengembangan (develop), Penyebaran (Dessiminate). Dikarenakan keterbatasan penelitian maka penelitian hanya sampai pada tahap pengembangan. Expositions pengembangan modul melewati beberapa langkah, yakni; analisis kebutuhan siswa; desain awal modul; draf I; validasi ahli materi; validasi ahli media; revisi draft I dan menghasilkan draf II; modul last. Konsep pengembangan modul ini mengangkat materi pembelajaran berkarya logam dengan teknik tekan yang mengacu pada kurikulum 2013. Hasil penilaian modul oleh validator ahli materi memperoleh skor 86.3% dan ahli media mendapatkan skor 74,1%. Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa modul telah legitimate dan layak untuk diujicobakan.
Kata Kunci: pengembangan, modul, teknik tekan.
Abstract
SMA Negeri 1 Cerme is one of the schools that requires enrichment of learning materials for cultural arts (fine arts), especially on metal work. The limited teaching materials in conveying visual art materials causes students to know limited two-dimensional art materials. In learning to work metal with compression techniques, it is still conventional, not yet equipped with modules. Because of these problems, this study aims to develop a learning module for metal work using the press technique. The research approach used in this research is development (innovative work) using a 4-D model design, namely Characterize (Defining), Plan (Design), Create (Development). ), Dessiminate (Spread). Due to the limitations of the study, the research only reached the development stage. Expositions module development passes through several steps, namely; analysis of student needs; the initial design of the module; draft I; material expert validation; media expert validation; revised draft I and produced draft II; last module. The concept of developing this module raises learning materials for metal work using a press technique that refers to the 2013 curriculum. The results of the module assessment by the material expert validator get a score of 86.3% and media experts get a score of 74.1%. Thus, it can be stated that the module is legitimate and worthy to be tested.
Keywords: development, module, compression technique.