Kata Kunci :Hasil Belajar, Keterampilan Membaca, Metode Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization.
Kemampuan membaca bahasa jerman siswa SMAN 1 Waru masih dikategorikan kurang, Salah satu penyebab masalah tersebut adalah penggunaan metode yang masih tradisional dan terkesan membosankan, dimana siswa hanya mendengar dan mencatat materi yang dijelaskan oleh guru sehingga menyebabkan siswa cenderung tidak akan memperhatikan guru di depan. Hal lain yang menjadi permasalahan dalam proses pembelajaran adalah kurangnya kegiatan diskusi yang melibatkan siswa dalam proses pembelajaran untuk memecahkan masalah. Oleh karena itu dibutuhkan metode yang dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa. Metode TAI (Team Assisted Individualization) merupakan metode yang berbasis pemecahan masalah dalam sebuah kelompok, dimana siswa diberikan masalah dan didiskusikan dalam kelompok. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana hasil belajar keterampilan membaca dengan metode kooperatif tipe TAI (Team Assisted Individualization) peserta didik SMAN 1 Waru kelas XI semester I. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan hasil belajar keterampilan membaca dengan metode kooperatif tipe TAI (Team Assisted Individualization) peserta didik SMAN 1 Waru kelas XI semester I.. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan jenis penelitian kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini diperoleh dari siswa SMAN 1 Waru kelas XI. Sedangkan data yang dianalisis merupakan hasil belajar yang diperoleh melalui tes keterampilan membaca. Penelitian ini dilakukan sebanyak 3 pertemuan, dimana pada pertemuan pertama belum menerapkan metode TAI dalam proses pembelajaran. Hal ini untuk mengetahui kemampuan awal peserta didik. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa masih banyak siswa yang belum memahami teks bacaan. Nilai tes pada pertemuan pertama masih dikategorikan kurang. Sedangkan pada pertemuan kedua metode TAI diterapkan dalam pembelajaran bahasa jerman namun tidak menggunakan tes pada akhir pertemuan. Pada pertemuan ketiga diterapkan kembali metode TAI dan diakhir pembelajaran peserta didik diberikan tes untuk mengetahui hasil belajar setelah menggunakan metode TAI. Hasil tes tersebut menunjukkan adanya peningkatan nilai dibandingkan dengan hasil tes pada pertemuan sebelumnya dengan nilai rata-rata kelas masing-masing yaitu pada tes I 69,93 dan pada tes II 82. Peningkatan tersebut menunjukkan bahwa kemampuan membaca bahasa jerman peserta didik mengalami peningkatan setelah digunakan metode kooperatif tipe TAI. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode kooperatif tipe TAI (Team Assisted Individualization) dapat diterapkan dalam pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar keterampilan membaca bahasa jerman.
Keywords :Learning Outcomes, Reading Skills, Cooperative Method Type TAI (Team Assisted Individualization)
The ability to read German in SMAN 1 Waru is still categorized as lacking. This is caused by several factors, one of which is the method used is boring and still uses traditional methods, where the teacher explains the material and students only listen and then record the material so students tend not to pay attention when the teacher teaches in class. Therefore we need a method that can improve students' reading skills. The TAI (Team Assisted Individualization) method is a method based on problem solving in a group, where students are given problems and discussed in groups (Slavin, 2005: 137). The formulation of the problem in this study is how the effectiveness of the TAI (Team Assisted Individualization) type of cooperative learning in reading skills viewed from the learning outcomes of SMAN 1 Waru students in class XI semester I. The purpose of this study is to describe the effectiveness of the method on learning outcomes obtained through tests reading skills. This research uses descriptive research with qualitative research type. Sources of data in this study were obtained from students of Waru SMAN 1 grade XI. While the analyzed data are learning outcomes obtained through reading skills tests. This research was conducted in 3 meetings, where in the first meeting the TAI method was not yet applied in the learning process. This is to find out the initial ability of students. And the results obtained are still many students who do not understand the German text that is given so that this affects the results of the first meeting test which is still quite sufficient. While at the second meeting the TAI method was applied in learning German. The difference between the first meeting was seen from the ability of students to answer questions based on the German text given. At the third meeting the TAI method was reapplied and at the end of the learning process the students were given a test to find out the learning outcomes after using the TAI method. The test results I and II have increased seen from the class average of 69.93 and 82. Thus it can be concluded that the cooperative type TAI (Team Assisted Individualization) method is effective to be applied in learning to improve learning outcomes in German reading skills .