Abstrak
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik) dengan pendekatan saintifik yang digunakan untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis yang valid dan praktis. LKPD adalah media untuk membantu dan mempermudah kegiatan pembelajaran yang berisi informasi, berbagai pertanyaan, petunjuk pelaksanaan tugas yang harus dikerjakan oleh peserta didik. Penelitian ini dilakukan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis (Analisis), Design (Desain), Develop (Pengembangan), Implement (Implementasi), dan Evaluate (Evaluasi), tanpa tahap Evaluate . Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan produk berupa LKPD yang valid dan praktis ditinjau dari aspek validasi penyajian, tujuan pembelajaran, bahasa, kesesuaian dengan pendekatan saintifik, kesesuaian dengan keterampilan berpikir kritis, relevansi, dan kelengkapan sajian. Validitas LKPD diperoleh dari hasil validasi ahli yaitu ahli pendidikan dan ahli materi. Kepraktisan LKPD juga ditinjau dari respon satu respon guru sebagai praktisi dan respon dari sepuluh peserta didik kelas X SMA Panjura Malang. Teknik analisis data dilakukan secara deskripsi kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD dinyatakan kategori sangat valid dengan persentase rata-rata skor validitas sebesar 3,704% atau presentase kevalidan sebesar 92,60 %. LKPD juga menunjukkan kategori sangat praktis dengan memperoleh persentase rata-rata jawaban positif dari respon guru sebesar 100% dan peserta didik sebesar 96,5%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa LKPD Fungi sub materi suksesi fungi untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis dinyatakan valid & praktis untuk digunakan dalam proses pembelajaran.
Abstract
This research is a research on the development of LKPD (Student Worksheet) with a scientific approach that is used to train valid and practical critical thinking skills. LKPD is a medium to help and facilitate learning activities that contain information, various questions, instructions for carrying out tasks that must be done by students. This research was conducted using the ADDIE development model Analysis, Design, Develop, Implement, and Evaluate, without the Evaluate stage. viewed from the aspects of presentation validation, learning objectives, language, conformity with scientific approach, suitability with critical thinking skills, relevance, and completeness of presentation. LKPD validity was obtained from the results of expert validation, namely education experts and material experts. LKPD practicality was also seen from the response of one response the teacher as a practitioner and the response of ten students of class X SMA Panjura Malang. The data analysis technique was carried out by quantitative description. Based on the results of the study showed that the LKPD was declared a very valid category with an average percentage of validity score of 3.704% or a validity percentage of 92.60 %. LKPD also showed a very practical category by obtaining an average percentage of positive answers from teacher responses of 100% and students of 96.5%. Thus, it can be concluded that the LKPD Fungi sub-material of the succession of fungi to practice critical thinking skills is valid & practical to use in the learning process.