ABSTRAK
Anita Nurmala Dewi. 2025. Pengembanagan Media Videografis Materi Teori Masuknya Islam di Indonesia dan Motivasi Untuk Meningkatkan Hasil belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Gondang Bojonegoro. Tesis, Program Studi Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, Pascasarjana, Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing : (1) Prof. Dr. Ekoharidi, M.Pd. dan (II) Dr. Yeni Anistyasari, S.Pd,. M.Kom.
Kata kunci : Media Videografi, Teori Masuknya Islam, Motivasi belajar, Hasil belajar.
Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengembangan media videografis untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas X di SMAN 1 Gondang Bojonegoro, Untuk mengetahui perbedaan motivasi belajar siswa yang menggunakan media videografis dan yang menggunakan PPT kelas X SMAN 1 Gondang Bojonegoro, Untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan media videografis dan yang menggunakan PPT kelas X SMAN 1 Gondang Bojonegoro.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan metode pengembangan ADDIE yaitu Analisis (Analyze), Desain (Design), Pengembangan (Development), Pelaksanaan (Implementation), Pelaksanaan (Implementation) dan Evaluasi (Evaluation). Pelaksanaan dilakukan pada kelas X di SMA Negeri 1 Gondang Bojonegoro. Instruimen yang digunakan dalam penelitian ini meliputi lembar validasi media videografis, instrumen angket motivasi belajar, instrumen tes hasil belajar, instrumen modul ajar. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah validasi, angket dan tes. Analisis data menggunakan statistik uji One Way ANOVA.
Hasil dari uji serta analisis didapati: 1). Validasi oleh dua validator diperoleh data valid sehingga media videografis yang dikembangkan sesuai untuk mengajarkan Materi teori Masuknya Islam di Indonesia, 2). Hasil analisis data hasil belajar menunjukan nilai signifikansi 0,000 dan 0,020 lebih rendah dari 0,05 diartikan adanya hasil belajar yang berbeda pada kelas kontrol dengan kelas yang dilakukan eksperimen. 3). Motivasi siswa untuk belajar pada kelas yang diberi eksperimen juga tinggi dibanding nilai motivasi pada kelas yang dikontrol. Dengan demikian didapati bahwa adanya perbedaan motivasi serta hasil belajar siswa dari kelompok kelas yang diuji terhadap pengembangan media videografis.