PENGARUH FASILITAS BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN EKONOMI 2017 UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA
Nama :Nuril Islamiyah
NIM :15080554011
Program Studi :S1 Pendidikan Ekonomi
Jurusan :Pendidikan Ekonomi
Fakultas :Ekonomi
Nama Lembaga :Universitas Negeri Surabaya
Pembimbing :Prof.Dr.H.Ady Soejoto, S.E.,M.Si
Salah satu bentuk keberhasilan mahasiswa diperguruan tinggi dalam bidang akademik dapat dilihat dari prestasi belajarnya. Prestasi belajar terdapat dalam indeks prestasi kumulatif (IPK) dimana nilai tersebut menunjukan proses belajar mahasiswa dari semester pertama hingga semester terakhir yang telah ditempuhnya. Menurut teori belajar konstruktivisme sosial dan penelitian sebelumnya menyatakan terdapat faktor-faktor yang dapat mempengaruhi proses belajar mahasiswa dalam mencapai prestasi belajar yang baik Salah satu faktor yang dianggap penting dalam mempengaruhi proses belajar mahasiswa dalam mencapai prestasi belajar adalah fasilitas belajar dan motivasi belajar. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh fasilitas belajar dikampus dan motivasi belajar intrinsik terhadap prestasi belajar mahasiswa jurusan pendidikan ekonomi 2017 Universitas Negeri Surabaya. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian asosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Pengambilan data dilakukan melalui penyebaran angket pada 172 mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi 2017 Universitas Negeri Surabaya. Pengolahan data pada penelitian ini menggunakan uji analisis regresi linier berganda
Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa variabel fasilitas belajar dan motivasi belajar berpengaruh positif dan sig secara parsial terhadap prestasi belajar dengan nilai sig variabel fasilitas sebesar 0,037< 0,05 dan nilai t-hitung fasilitas belajar sebesar 2,102>1,9741 t-tabel. Sama halnya dengan variabel motivasi belajar memiliki nilai sig sebesar 0,00 < 0,05 dengan nilai t-hitung sebesar 4,155>1,9741 t-tabel. Selain itu dari hasil uji analisis menunjukan terdapat pengaruh positif dan sig secara simultan variabel fasilitas belajar dan motivasi belajar dalam mempengaruhi prestasi belajar mahasiswa jurusan pendidikan ekonomi 2017 Universitas Negeri Surabaya dibuktikan dengan nilai uji F-hitung sebesar 41,907> 3,05 F-tabel dan nilai sig uji F sebear 0,00 < 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh positif dan sig fasilitas belajar dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa jurusan pendidikan ekonomi 2017 Universitas Negeri Surabaya baik secara parsial maupun secara simultan.
Kata Kunci : Fasilitas Belajar , Motivasi Belajar , Prestasi Belajar
ABSTRACT
THE EFFECT OF LEARNING FACILITIES AND LEARNING MOTIVATION ON STUDENT ACHIEVEMENTS OF 2017 ECONOMIC EDUCATION DEPARTMENT UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA
Name : Nuril Islamiyah
NIM : 15080554011
Study Program : S1 Economic Education
Program : Economic Education
Faculty : Economics
Name Institution : State University of Surabaya
Supervisor : Prof.Dr.H. Ady Soejoto, S.E, M.Si.
One form of student success in college in the academic field can be seen from their learning achievements. Learning achievement is in the cumulative index (GPA) where the value shows the learning process of students from the first semester to the last semester they have taken. According to social constructivism learning theory and previous research states that there are factors that can influence student learning in achieving good learning achievement One of the factors that are considered important in influencing student learning in achieving learning achievement is learning facilities and learning motivation. This study was conducted with the aim to determine the effect of learning facilities in the campus and intrinsic learning motivation on the learning achievement of 2017 students in economic education majoring in State University of Surabaya. This type of research is a type of associative research with a quantitative approach. Data collection was carried out through questionnaires on 172 students of the 2017 Department of Economic Education, State University of Surabaya. Processing data in this study using a multiple linear regression analysis test
The results of this study indicate that the learning facility variables and learning motivation have a positive and sig effect partially on learning achievement with facilities variable sig values of 0.037 <0.05 and learning facilities t-count values of 2.102> 1.9741 t-tables. Similarly, the learning motivation variable has a sig value of 0.00 < 0.05 with a t-count value of 4.155> 1.9741 t-table. In addition, the results of the analysis show that there are positive and sig influences simultaneously learning facility variables and learning motivation in influencing the learning achievement of 2017 students in economics education, State University of Surabaya, proven by the F-test value of 41.907 > 3.05 F-tables and values sig F test is 0.00 < 0.05. So that it can be concluded that there is a positive and significant influence of learning facilities and learning motivation on the learning achievement of 2017 economics education students at State University of Surabaya both partially and simultaneously.
Keywords : Learning Facilities, Learning Motivation, Learning Achievement.