Hubungan antara Efikasi Diri Akademik dengan Optimisme Karier pada Siswa SMK
The Relationship between Academic Self Efficacy and Career Optimism on Vocational High School Students
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan antara efikasi diri akademik dengan optimisme karier pada siswa SMK. Penelitian dilaksanakan di SMK X, Kota Bandung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan subjek berjumlah 75 siswa kelas XII dan bersekolah di SMK X. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu skala efikasi diri akademik dan optimisme karier. Analisis dalam penelitian ini dengan menggunakan korelasi Pearson Product Moment dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0.701 (r = 0.701) dan nilai signifikansi 0.000 (p < 0.05). Berdasarkan data tersebut, ditemukan bahwa terdapat hubungan antara efikasi diri akademik dengan optimisme karier pada siswa SMK X. Semakin tinggi efikasi diri akademik, maka semakin tinggi optimisme karier pada siswa.
This research was conducted to determine the relationship between academic self-efficacy and career optimism in vocational school students. The research was carried out at SMK X, Bandung City. The method used in this research is a quantitative method with subjects totaling 75 class XII students attending SMK X. The instruments used in this research are the academic self-efficacy and career optimism scales. The analysis in this study used Pearson Product Moment correlation with a correlation coefficient value of 0.701 (r = 0.701) and a significance value of 0.000 (p < 0.05). Based on these data, it was found that there was a relationship between academic self-efficacy and career optimism in SMK X students. The higher the academic self-efficacy, the higher the career optimism in students.