ABSTRAK
Akhmad Zaenal Abidin. 2019.”Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif dan Motivasi Berprestasi Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Kabupaten Lombok Timur”.
Kata Kunci : Model Pembelajaran Kooperatif, Motivasi, Hasil Belajar
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Perbedaan hasil belajar matematika antara siswa yang mengikuti model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan yang mengikuti model pembelajaran kooperatif tipe GI, 2) Perbedaan hasil belajar matematika antara siswa yang memiliki motivasi berprestasi tinggi dengan yang memiliki motivasi berprestasi rendah, 3) Interaksi antara model pembelajaran dan motivasi terhadap hasil belajar matematika.
Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dan penelitian ini dilaksanakan dari bulan Juli sampai dengan Desember 2018. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 3 Masbagik sebanyak dua kelas dan siswa kelas VIII SMPN 3 Sikur sebanyak dua kelas. Dari kedua sekolah tersebut masing-masing satu kelas dijadikan kelas eksperimen dan satu kelas kontrol. Kelas eksperimen akan diberikan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Divisions (STAD) sedangkan kelas kontrol akan diberikan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI). Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik tes untuk mendapatkan data hasil belajar matematika, serta teknik non tes berupa angket untuk mendapatkan data motivasi berprestasi siswa. Uji hipotesis pada penelitian ini menggunakan ANAVA dua jalur dan pengolahan data menggunakan program SPSS versi 20.
Dari hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa : 1) terdapat perbedaan hasil belajar matematika antara siswa yang mengikuti model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan siswa yang mengikuti model pembelajaran kooperatif tipe GI, 2) Terdapat perbedaan hasil belajar matematika antara siswa yang memiliki motivasi berprestasi tinggi dengan siswa yang memiliki motivasi berprestasi rendah, 3) terdapat interaksi antara model pembelajaran dan motivasi terhadap hasil belajar matematika.
ABSTRACT
AKHMAD ZAENAL ABIDIN, 2019.”The Effect of Cooperative Learning Model and Achievement Motivation on Students Achivement on Mathematics in SMP East Lombok Regency”.
Keywords : Cooperative Learning Model, Achievement Motivation, Learning Outcome.
This aims of the study were to know: 1) The effect in mathematics learning outcomes between student whofollowed the STAD type cooperative learning model and those who followed the GI type cooperative learning model. 2) The effect in mathematic learning outcome between students who have high achievement motivation and those who have low achievement motivation. 3) The interaction between learning model and motivation toward learning outcomes in mathematics.
The research uses experiment method and conducted from July to December 2018. The subject of this research is the student of grade VIII SMPN 3 Masbagik as many as two classes and the students of grade VIII SMPN 3 Sikur as many as two classes. From the two schools, each class was made into the experimental class and one control class. The experimental class will be given learning using a type of cooperative learning model “Student Team Achievement Division (STAD)” while the class control will be given learning using type of cooperative learning model type “Group Investigation (GI). Data collection is done by using test techniques to obtain data on mathematics learning outcomes, and non techniques to obtain student achievement motivation data. The hypothesis testing in this study use two ways “ANAVA” and data processing using SPSS version 20 program.
Based on the result of the analysis, conclusions were drown as follows: 1) there are effect in mathematics learning outcomes between student who follow the STAD type cooperative learning models and students who follow the GI type cooperative learning model. 2) The are effect in mathematics learning outcomes between students who have high achievement motivation and students who have low achievement motivation. 3) there is an interaction between the learning model and motivation towards the learning outcome of mathematics.