Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran public relations untuk meningkatkan eksistensi perusahaan melalui penggunaan virtual office serta penerapan virtual office untuk menunjang kegiatan yang dilakukan PT Otak Kanan. Jenis penelitian yang digunakan ialah deskriptif dengan pendekatan kualitatif, subyek dalam penelitian ini adalah public relations PT Otak Kanan, Direktur PT Otak Kanan, Pemilik Tirta Media Productions, dan Pemilik Setia Design. Serta obyek penelitiannya ialah peran public relations untuk meningkatkan eksistensi perusahaan melalui penggunaan virtual office. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan dengan teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa praktisi public relations PT Otak Kanan telah melaksanakan peran sebagai public relations dengan baik melalui penggunaan virtual office, yaitu peran sebagai penasehat ahli, peran sebagai fasilitator komunikasi, peran sebagai pemecah masalah, serta peran sebagai teknisi komunikasi. Sedangkan penerapan virtual office dilakukan melalui dua sisi, yaitu dapat menemui secara langsung di alamat representatif maupun komunikasi melalui software. Penerapan virtual office menggunakan software yang semua sudah diatur melalui sistem, sehingga pegawai tidak harus berada di kantor setiap hari. Namun pertemuan rutin tetap dilakukan untuk menjalin keakrabaan antar tim kerja, dengan adanya keakraban dan pelayanan yang baik dari public relations maka eksistensi PT Otak Kanan dapat ditingkatkan sesuai dengan tujuan perusahaan.
Kata kunci : peran public relations, virtual office, eksistensi perusahaan
This study aims to describe the role of public relations to improve the existence of the company through the use of virtual offices and the application of virtual offices to support the activities carried out by PT Otak Kanan. The type of research used was descriptive with a qualitative approach, the subjects in this study were public relations PT Otak Kanan, Director of PT Otak Kanan, Owner of Tirta Media Productions, and Owner of Faithful Design. As well as the object of his research is the role of public relations to improve the existence of companies through the use of virtual offices. Data collection techniques used were interviews, observation, and documentation. The data analysis technique used consisted of data reduction, data presentation and conclusions using data validity techniques using source triangulation.
The results showed thatpractitioner public relations PT Otak Kanan had carried out the role of public relations well through the use of virtual offices, namely the role of expert advisors, roles as communication facilitators, roles as problem solvers, and roles as communication technicians. Whereas the application of virtual office is carried out through two sides, which can be met directly at the representative address and communication through software. The application of virtual office uses software that is all set up through the system, so that employees do not have to be in the office every day. But regular meetings are still held to establish intimacy between the work team, with the existence of good familiarity and service from public relations , the existence of PT Otak Kanan can be improved in accordance with the company's goals.
Keywords: the role of public relations, virtual office, company existence