Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya masalah rendahnya self-efficacy akademik siswa terutama pada mata pelajaran matematika. Siswa yang memiliki efikasi diri akademik rendah akan tampak kurang percaya diri, meragukan kemampuan akademik yang dimilkinya, menghindari tugas yang sulit serta hambatan yang ia jumpai, dan tidak mau berusaha mencapai keberhasilan terutama pada mata pelajaran matematika. Sebaliknya, apabila efikasi diri siswa meningkat, akan membuat siswa lebih mudah dan lebih merasa mampu untuk mengerjakan soal-soal matematika sekalipun itu soal yang berkategori sulit.. oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah teknik cinema therapy dapat meningkatka acadmic self-efficacy siswa dengan setting konseling kelompok. Rancangan penelitian yang digunakan adalah pte-test, post-test one group. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI-7 SMA Negeri 4 Bojonegoro yang mengalami academic self-efficacy rendah yang berjumlah 7 siswa. Analisis penelitian data pada penelitian ini menggunakan statistik non parametric yaitu uji paired sample t test. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa pada kolom Sig. (2-tailed) menunjukkan hasil 0,000, tHitung -6,796 maka tTabelnya adalah -2,446 (jika hasil tHitung negative, maka otomatis tTabel menjadi negative). Berdasarkan pedoman pengambilan keputusan dalam uji paired sample t test terhadap hasil F-hitung diperoleh kesimpulan bahwa -6,796>-2,446. Artinya Ho ditolak dan HA diterima. Dengan demikian, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa teknik cinema therapy dapat meningkatkan academic self-efficacy siswa terutama pada mata pelajara matematika.
Kata kunci: Konseling kelompok, cinema therapy, efikasi diri akademik.
His research is motivated by the problem of low academic self-efficacy of students, especially in mathematics. Students who have low academic self-efficacy will appear to lack confidence, doubt their academic ability, avoid difficult assignments and obstacles that they encounter, and do not want to try to achieve success especially in mathematics. Conversely, if students' self-efficacy increases, it will make students easier and feel more able to work on mathematical problems even if they are categorized as difficult problems. Therefore, the purpose of this study is to find out whether cinema therapy techniques can improve acadmic self -efficacy of students with group counseling settings. The research design used was pre-test, post-test one group. The subjects of this study were students of class XI-7 of SMA Negeri 4 Bojonegoro who experienced low academic self-efficacy totaling 7 students. Analysis of research data in this study using non-parametric statistics, namely paired sample t test. The results of this study stated that in the Sig. (2-tailed) shows the result of 0,000, t -6.796, then the table is -2.444 ((if the result of t-count is negative, then the t-table will automatically become negative). Based on the decision making guidelines in the paired sample t test against the F-calculated results, it was concluded that -6,796> -2,446. This means that Ho is rejected and HA is accepted. Thus, the results of this study indicate that cinema therapy technique can improve students' academic self-efficacy, especially in mathematics subjects.
Keywords: group counseling, cinema therapy, academic self-efficacy