Pengaruh Event Marketing Video Call K-Pop Terhadap Brand Awareness Mecimapro Pada Masa Pandemi
Pada penelitian ini memiliki tujuan untuk menyelidiki adanya pengaruh event marketing video call KPOP terhadap brand awareness Mecimapro pada masa pandemi serta untuk mengetahui tingkatan atau berapa besar capaian dari pengaruh tersebut. Munculnya keterbatasan aktivitas karena pandemi, Mecimapro sebagai jasa promotor musik menyelenggarakan event video call KPOP untuk tetap menjaga atau memperluas awareness terhadap target pasar ditengah gangguan oleh krisis ekonomi. Melalui event tersebut Mecimapro mengajak target pasar untuk merasakan pengalaman baru bersama idol dengan video call 1:1 dan melakukan strategi komunikasi pemasaran untuk dapat dikenal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei dan menggunakan teknik pengumpulan data kuesioner dengan alat ukur skala likert. Proses pengolahan yang digunakan yaitu uji korelasi dan uji regresi linear sederhana. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu terdapat pengaruh yang signifikan antara event marketing video call KPOP terhadap brand awareness Mecimapro dengan capaian pengaruh sebesar 45.3% secara positif dan searah. Dari hasil analisis data juga dapat diketahui bahwa event marketing video call KPOP memiliki nilai intensitas yang tinggi terhadap partisipan sehingga dapat memberikan awareness pada Mecimapro. Maka dari itu dapat diketahui bahwa apabila event marketing meningkat, maka brand awareness juga mengalami peningkatan.
This research has a purpose to investigate the influence of KPOP video call marketing event on Mecimapro’s brand awareness at pandemic era as well as to find out the level of achievement of the influence. The emergence of activity limitations due pandemic, Mecimapro as a music promoter service organized a KPOP video call event to gain awareness of the target market amid disruptions by the economic crisis. Through the event, Mecimapro invited the target market to feel the new experience with idols through the 1:1 video call and carried out marketing communication strategies to be knowing more and recognized. This study used a quantitative approach by survey method and used a questionnaire to collect the data with likert scale. To analize the data, researcher use the correlation test and a simple linear regression test. The results of the study are there is a significant influence between KPOP video call marketing event on Mecimapro brand awareness and the total achievement of the influence are 45.3% positively and in a direction. Based on analysis of the data, the KPOP video call marketing event gain the high score at intensity through the participant that can give awareness on Mecimapro. Therefore, it can be seen that when event marketing increases, brand awareness also increases.