PENGGUNAAN MEDIA DOODLE ARTISTIK DALAM MENGEMBANGKAN MOTORIK HALUS DAN SENI PADA ANAK KELOMPOK B DI TK TUNAS BANGSA SUKODONO SIDOARJO
The Use of Artistic Doodle Media in Developing Fine Motoric and Art in Group B Children at TK Tunas Bangsa Sukodono Sidoarjo
ABSTRAK
Supardi. 2023. Penggunaan Media Doodle Artistik Dalam Mengembangkan Motorik Halus Dan Seni Pada Anak Kelompok B Di TK Tunas Bangsa Sukodono Sidoarjo. Tesis, Program Studi S2 Pendidikan Dasar Konsentrasi PAUD, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing: (1) Dr. Hendratno, M.Hum., dan (2) Dr. Sri Setyowati, M.Pd.
Kata Kunci: Media Doodle Artistik, Motorik Halus, Seni
Penelitian penggunaan media doodle artistik ini berfokus pada pengembangan motorik halus dan seni yang bertujuan untuk mengetahui dampak penggunaan media doodle artistik pada anak kelompok B di TK Tunas Bangsa Kecamatan Sukodono Kabupaten Sidoarjo. Penelitian ini didasarkan pada hasil observasi awal yang menunjukkan kurang efektifnya guru menggunakan media pembelajaran, sehingga dalam kegiatan menggambar dan mewarnai kurang diminati anak.
Penelitian dilaksanakan dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif yang menggambarkan data dalam bentuk analisis yang bersifat narasi, dan deskripsi perkembangan yang akan dikembangkan adalah aspek perkembangan motorik halus dan seni pada anak kelompok B di TK Tunas Bangsa sebanyak 15 anak. Tehnik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi untuk memperkuat hasil penelitian.
Hasil penelitian di TK Tunas Bangsa Kecamatan Sukodono Kabupaten Sidoarjo ditemukan pada kegiatan menggambar dan mewarnai pada anak kelompok B dalam menggunakan media doodle artistik menarik minat anak dalam menggores objek dari pola geometri dan menyusun tekstur aneka warna hingga menghasilkan karya doodle yang indah. Penelitian ini diharapkan dapat memanfaatkan media doodle artistik sebagai media pembelajaran yang efektif dalam kegiatan menggambar dan mewarnai di Satuan Pendidikan dan menjadi sumber referensi bagi peneliti lain untuk menggunakan dan mengembangkan media doodle artistik menjadi lebih menarik.
ABSTRACT
Supardi. 2023. The Use of Artistic Doodle Media in Developing Fine Motoric and Art in Group B Children at TK Tunas Bangsa Sukodono Sidoarjo. Thesis, Master Of Basic Education Study Program, PAUD Concentration, Faculty Of Education, Surabaya State University. Supervisor: (1) Dr. Hendratno, M.Hum., dan (2) Dr. Sri Setyowati, M.Pd.
Keywords: Artistic Doodle Media, Fine Motoric, Art
This research on the use of artistic doodle media focuses on the development of fine motor skills and art which aims to determine the impact of using artistic doodle media on group B children at Tunas Bangsa Kindergarten, Sukodono District, Sidoarjo Regency. This research is based on the results of preliminary observations which show that teachers are less effective in using instructional media, so that children are less interested in drawing and coloring activities.
The research was carried out using a descriptive qualitative approach which described the data in the form of narrative analysis, and descriptions of the development that would be developed were aspects of fine motor and artistic development in group B children in Tunas Bangsa Kindergarten as many as 15 children. Data collection techniques through observation, interviews, and documentation to strengthen research results.
The results of research at Tunas Bangsa Kindergarten, Sukodono District, Sidoarjo Regency found that drawing and coloring activities for group B children used artistic doodle media to attract children's interest in scratching objects from geometric patterns and arranging colorful textures to produce beautiful doodle works. This research is expected to utilize artistic doodle media as an effective learning medium in drawing and coloring activities in the Education Unit and become a reference source for other researchers to use and develop artistic doodle media to make it more interesting.