Penelitian
ini berjudul “Pengembangan Media Permainan Kartu Kanji Speed Sebagai Media Pembelajaran Huruf Kanji Level Dasar Pada
Siswa Kelas XII IBB 2 SMAN 1 Bangil Tahun Ajaran 2018/2019”. Berdasarkan hasil
wawancara guru mata pelajaran bahasa Jepang dan angket kebutuhan siswa, siswa
masih mengalami kesulitan ketika belajar huruf kanji. Selain itu dari hasil
angket diketahui bahwa 97% siswa membutuhkan media permainan untuk belajar
huruf kanji. Oleh sebab itu, dikembangkan sebuah media permainan Kanji Speed yang digunakan sebagai media
pembelajaran huruf kanji level dasar. Tujuan penelitian ini yaitu m end e sk r ipsikan proses pengembangan media permainan Kanji Speed
sebagai
media pembelajaran dan m engetahui
respon siswa terhadap media permainan tersebut.
M odel pengembangan yang
digunakan dalam penelitian ini adalah m odel ADDIE. M odel
ADDIE adalah singkatan dari analyze,
design, development, implementation , dan evaluation . Sumber
data dalam penelitian 38 siswa kelas XII IBB 2 SMAN 1 Bangil sedangkan data
berupa hasil wawancara, angket kebutuhan siswa, hasil dari uji coba media yang
berupa angket respon siswa dan validasi media dan materi oleh validator.
Hasil dari penelitian pengembangan media kartu Kanji Speed adalah sebagai berikut :
1. Proses pengembangan media kartu Kanji Speed dilakukan dengan 5 tahapan.
1)
Tahapan pertama, yaitu
wawancara kepada guru mata pelajaran bahasa Jepang dan penyebaran angket
kebutuhan siswa.
2)
Tahap kedua merancang
desain kartu Kanji Speed menggunakan software Adobe Photoshop CS3 .
3)
Tahap ketiga
menghasilkan sebuah prototype
media permainan Kanji Speed kemudian divalidasi oleh ahli media dengan hasil 91,3%, ahli materi 1 dengan
hasil 97,8% dan ahli materi 2 sebesar 88,9%.
4)
Tahap keempat melewati
dua tahapan yaitu uji coba produk kelompok kecil yang memperoleh respon siswa
sebesar 83% dan uji coba produk kelompok besar memperoleh respon siswa sebesar
84%.
5)
Tahap kelima mengolah
data yang didapatkan dari tahap sebelumnya. Berdasarkan hasil penilaian oleh
validator, media permainan Kanji Speed
dikatakan layak sebagai media pembelajaran huruf kanji.
2. Berdasarkan hasil
perhitungan angket respon
siswa terhadap media permainan Kanji Speed sebagai media pembelajaran huruf kanji mendapat
respon sebesar 84%. Sehingga dengan persentase tersebut dapat disimpulkan bahwa
respon siswa terhadap media permainan Kanji Speed adalah sangat kuat dan dapat
dikatakan layak .
Kata
kunci : p engembangan media, media
pembelajaran, Kanji Speed , huruf kanji